Representasi identittas agama anak muda Islam dalam film Cinta Subuh 2: analisis semiotika Jhon Fiske

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Erlangga, Azif Fattahilla (2018) Representasi identittas agama anak muda Islam dalam film Cinta Subuh 2: analisis semiotika Jhon Fiske. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Azif Fattahilla Erlangga_B96214112.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Representasi Identitas Agama Anak Muda Islam Dalam Film Cinta Subuh 2” adalah hasil penelitian analisis teks media. Terdapat focus masalah yang diteliti pada skripsi ini yaitu : bagaimana simbol-simbol dan bentuk identitas agama anak muda islam di identifikiasai dalam film cinta subuh 2. Untuk mengungkapkan masalah tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian analisis teks media dengan pendekatan kritis, yang berguna untuk memberikan fakta dan data kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan dasar pemikiran Jhon Fiske, yang mneganalisis secara tiga tahap yaitu Realitas, Representasi, dan Ideologi. Makna tanda dimengerti sebgai bentuk fisik yang bisa ditangkap oleh panca indra manusia atau khalayak audiens. Makna pengguna tanda dimengerti sebagai konsep pemikiran dari orang yang menggunakan tanda dan menurunkan ke suatu makna tertentu atau makna lain yang berada dalam benak seseorang tentang objek yang dirujuk sebagai sebuah tanda. Sedangkan makna acuan tanda adalah konteks social yang menjadikan referensi dari sebuah tanda atau sesuatu objek yang dirujuk oleh sebuah tanda yang terdapat film tersebut. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa dalam film Cinta Subuh 2 Identitas agama anak muda islam dalam film “Cinta subuh 2” ini mencoba menghadirkan atau merepresentasikan kembali simbol-simbol dan bentuk problematika realitas identitas agama anak muda islam yang menampilkan perilaku anak muda dalam menyikapi ta’aruf untuk mencapai kitbah yang menjadi tujuanya, proses-proses identitas mengalami kegalaun yang di representasikan dalam ideology pragmatif mencoba mepertahankan ajaran agama islam, tetapi dalam keadaan social yang berbeda. Identitas agama anak muda islam dalam film cinta subuh menghadirkan life style atau gaya hidup anak muda islam masa kini. Dengan busana yang terlihat islami. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti merekomendasikan bahwa peneliti ini hanya terbatas pada nilai dasar simbol-simbol dan bentuk identitas agama anak muda islam yang di identifikasi pada film cinta subuh 2. Karena itu, peluang yang masih terbuka untuk diadakan penelitian lebih lanjut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Erlangga, Azif Fattahillaazif.fatahilla87@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Remaja, Gaya hidup
Film > Film -- Aspek Keagamaan
Keywords: Identitas agama; anak muda Islam; film Cinta Subuh 2
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 07:05
Last Modified: 03 May 2018 07:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24628

Actions (login required)

View Item View Item