Peningkatan pemahaman materi Arah Mata Angin pada Denah mata pelajaran IPS melalui media Papan Magnetik siswa Kelas III MINU Wedoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Farida Dian (2018) Peningkatan pemahaman materi Arah Mata Angin pada Denah mata pelajaran IPS melalui media Papan Magnetik siswa Kelas III MINU Wedoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Farida Dian Lestari_D97214086.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kesulitan siswa kelas III-C untuk memahami materi arah mata angin pada denah mata pelajaran IPS. Hal ini diketahui dari hasil wawancara dan dokumentasi pada kegiatan pra siklus. Hal tersebut disebabkan metode yang digunakan guru yaitu cenderung ceramah dan penggunaan media yang kurang menarik antusias siswa. Dari jumlah 30 siswa masih terdapat 20 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan media pembelajaran papan magnetik dalam meningkatkan pemahaman materi arah mata angin pada denah mata pelajaran IPS siswa kelas III MINU Wedoro. (2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi arah mata angin pada denah mata pelajaran IPS siswa kelas III MINU Wedoro. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin, yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi, yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif, dengan cara pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-C MINU Wedoro tahun pelajaran 2017-2018 yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media papan magnetik dalam meningkatkan pemahaman siswa terkait materi arah mata angin pada denah mata pelajaran IPS dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yang memperoleh skor sebesar 72 (Cukup) dan meningkat pada siklus II sebesar 93 (Amat Baik), sedangkan pada aktivitas siswa di siklus I memperoleh skor sebesar 70 (Cukup) dan meningkat pada siklus II sebesar 94 (Amat Baik). 2) Peningkatan pemahaman materi arah mata angin pada denah mata pelajaran IPS siswa kelas III setelah diterapkannya media papan magnetik terlihat pada hasil nilai rata-rata siswa, pada pra siklus sebesar 70,5 (Cukup) dengan persentase ketuntasan sebesar 33% (Kurang Sekali), menjadi sebesar 78 (Baik) pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 73% (Cukup), dan meningkat pada siklus II sebesar 85 (Amat Baik) dengan persentase ketuntasan sebesar 93% (Amat Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Farida Dianfaridadian6@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Peningkatan Pemahaman; Materi Arah Mata Angin; Papan Magnetik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lestari Farida Dian
Date Deposited: 03 May 2018 08:33
Last Modified: 03 May 2018 08:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24632

Actions (login required)

View Item View Item