Efektivitas kelas belajar homogen dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP Bilingual Terpadu Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iqbal, Adib Faisol (2018) Efektivitas kelas belajar homogen dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP Bilingual Terpadu Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Adib Faisol Iqbal_D01214002.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang efektivitas kelas belajar homogen dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP Bilingual Terpadu Krian Sidoarjo. Penelitian ini dilatar belakangi karena pentingnya pendidikan karakter guna menyeimbangkan aspek kognitif dan aspek afektif serta aspek psikomotorik peserta didik melalui pengelolaan kelas secara homogen.Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah Bagaimana pengelolaan kelas belajar homogen peserta didik di SMP Bilingual Terpadu Krian Sidoarjo, Bagaimana karakter peserta didik di SMP Bilingual Terpadu Krian Sidoarjo, dan Bagaimana efektivitas kelas belajar homogen dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP Bilingual Terpadu Krian Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan di SMP Bilingual Terpadu Krian Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan rumus statistik, yaitu rumus prosentase dan rumus product moment. Berdasarkan data yang diperoleh dan dianalisis, maka diperoleh jawaban bahwa penerapan pengelolaan kelas belajar homogen peserta didik di SMP Bilingual Terpadu Krian Sidoarjo adalah tergolong “Baik”. Hal ini terbukti hasil wawancara, observasi dan juga angket yang sudah dianalisa peneliti dengan hasil prosentase 85,3% yakni berada diantara 65% - 100%. Bahwa karakter peserta didik di di SMP Bilingual Terpadu Krian Sidoarjo tergolong “Baik” yang terbukti dari angket yang telah dianalisa peneliti dengan hasil prosentase 76,2% yang berada diantara 65% - 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas kelas belajar homogen dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP Bilingual Terpadu Krian Sidoarjo berlangsung efektif. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang diperoleh adalah 0,62509 lebih besar dari pada r tabel, baik pada taraf signifikansi 5% dengan nilai 0,2732 maupun pada taraf signifikansi 1% dengan nilai 0,3542. Dan selanjutnya di uji dengan tes t dengan df=50 dihasilkan t hitung = 5,66245 lebih besar dari pada t tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. Adapun keefektifan yang ditimbulkan adalah tergolong “cukup/sedang”, hal ini berdasarkan “rxy” dengan nilai 0,62509 terletak antara 0,40-0,70. Dengan demikian maka hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iqbal, Adib Faisoladibxbal@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Karakter; Efektivitas; Kelas Belajar Homogen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iqbal Adib Faisol
Date Deposited: 04 May 2018 08:01
Last Modified: 04 May 2018 08:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24645

Actions (login required)

View Item View Item