Analisis kurikulum program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofi’ah, Firda Zakiyatur (2018) Analisis kurikulum program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firda Zakiyatur Rofiah_F02A15187.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24665

Abstract

Penelitian ini berawal dari latar belakang kualitas pendidikan tinggi di Indonesia masih jauh tertinggal apabila dibandingkan dengan negara lain. Kualitas lulusan pendidikan tinggi sangat ditentukan oleh bekal yang diperoleh ketika menjalani proses pendidikan. Pemaparan tersebut diperkuat oleh hasil penelitian Lubis yang menyatakan bahwa kualitas SDM ditentukan oleh kualitas pendidikanannya. Namun, pengelolaan pendidikan di Indonesia mengalami kendala yang beragam, salah satunya adalah mutu pendidikan. Pada bidang mutu pendidikan, faktor yang sangat berpengaruh adalah kurikulum. Oleh karena itu, pemerintah menetapkan standar tentang kurikulum yanga termaktub dalam SN-Dikti sebagai upaya untuk mengatasi rendahnya mutu pendidikan Indonesia. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat kesesuaian rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan program studi PGMI Universitas Islam Negeri Malang mengacu Standar Kompetensi Lulusan pada SN-Diktii?, (2) Bagaimana tingkat kesesuaian rumusan bahan kajian pembelajaran program studi PGMI Universitas Islam Negeri Malang mengacu standar isi pembelajaran pada SN-Diktii?, (3) Bagaimana tingkat kesesuaian rumusan proses pembelajaran program studi PGMI Universitas Islam Negeri Malang mengacu standar proses pembelajaran pada SN-Dikti?, (4) Bagaimana tingkat kesesuaian rumusan penilaian pembelajaran program studi PGMI Universitas Islam Negeri Malang mengacu standar penilaian pembelajaran pada SN-Diktii? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-evaluatif. Data penelitian diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara. Adapun data hasil dokumentasi dianalisis menggunakan teknik analisis validitas isi. Adapun data hasil wawancara dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kesesuaian rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan program studi PGMI Universitas Islam Negeri Malang mengacu standar kompetensi lulusan adalah 37,5% (kurang sesuai) 2) Tingkat kesesuaian rumusan bahan kajian pembelajaran program studi PGMI Universitas Islam Negeri Malang mengacu standar isi pembelajaran adalah 10% (sangat kurang sesuai). 3) Tingkat kesesuaian rumusan proses pembelajaran program studi PGMI Universitas Islam Negeri Malang mengacu standar proses pembelajaran adalah 75% (sesuai). 4) Tingkat kesesuaian rumusan penilaian pembelajaran program studi PGMI Universitas Islam Negeri Malang mengacu standar penilaian pembelajaran adalah 25% (kurang sesuai).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofi’ah, Firda Zakiyaturfirdazakiyaturrofiah@ymail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Keywords: Kurikulum; Standar Nasional Pendidikan Tinggi
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 May 2018 07:39
Last Modified: 04 May 2018 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24665

Actions (login required)

View Item View Item