Terapi muhasabah untuk meningkatkan rasa empati seorang ibu dalam bertetangga di Desa Doko Kecamatan Doko Kabupaten Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifa, Nimas Fitriatul (2018) Terapi muhasabah untuk meningkatkan rasa empati seorang ibu dalam bertetangga di Desa Doko Kecamatan Doko Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nimas Fitriatul Latifa_B93214107.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena di salah satu desa di Kabupaten Blitar Jawa Timur. Seorang ibu rumah tangga di salah satu keluarga di desa tersebut berperilaku suka menceritakan hal – hal yang ia miliki, membangga – banggakan keberhasilan anaknya yang telah berhasil melanjutkan ke sekolah perawatan, membicarakan dunia perkuliahan. Sedangkan di lingkungannya mayoritas berpendidikan maksimal sampai tingkat Sekolah Menengah Pertama, dan juga memberitahukan tetangga mengenai pengeluaran dan pemasukan yang dialami ketika membiayai anak sampai tingkat perguruan tinggi. Berawal dari fenomena tersebut maka dapat diketahui bahwa seorang ibu rumah tangga tersebut memiliki rasa empati yang rendah. Maka Terapi Muhasabah (intropeksi diri) perlu diterapkan, agar lebih bisa melihat keadaan lingkungan, dan memahami perasaan orang lain yang keadaannya sudah jelas tidak seperti seorang ibu tersebut. Fokus penelitian ini adalah bagaimana proses konseling dengan menggunakan terapi muhasabah untuk meningkatkan rasa empati seorang ibu dalam hidup bertetangga?, dan bagaimana hasil proses konseling dengan menggunakan terapi muhasabah untuk meningkatkan rasa empati seorang ibu dalam hidup bertetangga? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa deskriptif komparatif. Dalam menganalisa penyebab adanya kurang keharmonisan didalam bertetangga. Dengan membandingkan teori dan hasil proses konseling dilapangan. Data yang digunakan berupa hasil wawancara dan observasi yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data. Dalam penelitian ini, konseling menggunakan pendekatan terapi Muhasabah dimana dalam pendekatan ini bertujuan untuk menciptakan kesadaran diri berupa empati dalam bertetangga, sehingga satu sama lain mengetahui pentingnya berempati terhadap lingkungan sekitar. Hasil akhir dari penelitian melalui proses konseling Terapi muhasabah untuk meningkatkan rasa empati yaitu dapat dikatakan tidak sepenuhnya berhasil.
Implikasi dari penelitian ini adalah, sehubungan dengan hasil penelitian ini yang cenderung bersifat tidak sepenuhnya berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifa, Nimas Fitriatulnimasfitriatullatifa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Terapi muhasabah; empati
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Latifa Nimas Fitriatul
Date Deposited: 04 May 2018 09:02
Last Modified: 04 May 2018 09:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24680

Actions (login required)

View Item View Item