Nilai-nilai pendidikan Islam dalam kumpulan esai Istriku Seribu karya Emha Ainun Nadjib

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajriyah, Latifatul (2018) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam kumpulan esai Istriku Seribu karya Emha Ainun Nadjib. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Latifatul Fajriyah_D91214093.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manusia secara keseluruhan menginginkan kehidupan yang bahagia di dunia dan akhirat yang harus mereka tempuh dengan melakukan perbuatan yang baik. Menurut aliran konvergensi, perbuatan manusia bisa dipengaruhi oleh faktor lingkungan, misalnya dari proses penanaman nilai-nilai pendidikan Islam. Nilai-nilai pendidikan Islam yang dipelajari seseorang bisa bersumber dari banyak hal, salah satunya dari kumpulan esai berjudul Istriku Seribu Karya Emha Ainun Nadjib. Emha Ainun Nadjib adalah seorang essais, sastrawan, sekaligus tokoh Islam Indonesia yang dalam pemikirannya banyak mengintegrasikan unsur sosial dengan unsur agama. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terkandung dalam kumpulan esai Istriku Seribu karya Emha Ainun Nadjib. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka yang menggunakan pendekatan fenomenologi. Untuk mengambil data, penulis menggunakan metode dokumentasi karena sumber data dalam penelitian ini adalah sumber tertulis, yang sumber primernya berupa buku kumpulan esai Istriku Seribu karya Emha Ainun Nadjib yang terdiri dua puluh judul esai. Metode analisanya menggunakan analisis isi dengan tekmik induksi, deduksi, dan interpretasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kumpulan esai Istriku Seribu karya Emha Ainun Nadjib mengandung lima macam nilai pendidikan Islam yang terdiri dari nilai pendidikan aqidah (meliputi iman kepada Allah dan Rasulullah), nilai pendidikan akhlak (meliputi adab terhadap Allah, Rasulullah, sesama manusia, lingkungan, dan diri sendiri), nilai pendidikan syariah (meliputi ibadah sebagai perwujudan cinta kepada Allah, perkawinan, pekerjaan, dan hubungan dengan masyarakat), nilai pendidikan akal (meliputi anjuran belajar sejarah belajar pada sorot mata, mengakali setiap peristiwa untuk dijadikan ilmu, konsep manajemen, poligami, tafsir, dan paradoks akal), dan nilai pendidikan jasmani (terkait kesehatan mata).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajriyah, Latifatullatifatulfaj@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Nilai-nilai pendidikan Islam; kumpulan esai Istriku Seribu; Emha Ainun Nadjib
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fajriyah Latifatul
Date Deposited: 07 May 2018 04:45
Last Modified: 07 May 2018 04:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24711

Actions (login required)

View Item View Item