Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin karya Tere Liye

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Fiqih Nur (2018) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin karya Tere Liye. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fiqih Nur Laili_D71214063.pdf

Download (28MB)

Abstract

Pendidikan karakter dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang terjadi di negara kita. Sebab pendidikan karakter bukan sekedar mengajar mana yang benar dan mana yang salah, melainkan menanamkan kebiasaan (habituation) tentang hal mana yang baik, karena pendidikan karakter yang baik harus melibatkan bukan saja aspek pengetahuan yang baik (moral knowing), akan tetapi juga merasakan dengan baik atau loving good (moral feeling), dan perilaku yang baik (moral action) Ada banyak cara dalam menyampaikan pendidikan karakter, salah satunya adalah yang dilakukan Tere Liye. Ia menyampaikan pendidikan karakter melalui karya sastranya. Sehingga fokus dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye. Penilitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang termasuk dalam penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang mengumpulkan data dari berbagai literatur yang diteliti tidak terbatas pada buku-buku, tetapi juga bahan-bahan dokumentasi. Sedangkan untuk pendekatannya, penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dan interaksi simbolik, yang dilakukan dengan pendekatan semiotic. Semiotik merupakan salah satu pendekatan untuk membaca karya sastra.Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, yaitu mencari atau menyelidiki data mengenai hal-hal atau variabel berupa catatan, transkrip,buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen, legger, agenda, dan sebagainya. Sedangkan analisis data terdiri dari; deduksi induksi dan interpretasi data. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye terdapat 17 nilai yaitu : hobby membaca, menjaga lingkungan, baik hati, ramah, kerja sama, keingin tahuan tinggi, penuh kasih, memuji, mengahargai perbedaan, berdo’a, giat, amanah, optimis, ikhlas, berbakti kepada orangtua, sopan, dan sabar. (2) Dari 17 nilai tersebut terdapat 13 nilai yang relevan dengan 12 nilai karakter dari 18 nilai yang dicanangkan kemendiknas, yakni : religius, jujur, toleransi, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, dan peduli sosial. dan adapula 4 nilai yang tidak relevan dengan kemendiknas, akan tetapi karakter ini sangat baik dan patut diaplikasikan pula dalam kehidupan sehari-hari, yakni : optimis, ikhlas, sopan, dan sabar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, Fiqih Nurfiqih428@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pendidikan Karakter; novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin; Tere Liye
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Laili Fiqih Nur
Date Deposited: 07 May 2018 08:19
Last Modified: 07 May 2018 08:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24739

Actions (login required)

View Item View Item