This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Laili, Lutfia Nur (2015) MENINGKATKAN SELF EFFICACY PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (11MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (318kB) | Preview |
Abstract
Pada siswa SMP, sebagian siswanya menganggap mata pelajaran matematika sebagai pelajaran yang tidak menyenangkan. Anggapan seperti itu muncul karena kurangnya keyakinan siswa pada mata pelajaran matematika (self efficacy). Menurut Bandura, self efficacy dapat diperoleh, diubah, ditingkatkan atau diturunkan melalui salah satu atau kombinasi empat sumber. Berdasarkan pengalaman vikarius (vikarious experience) maka digunakan layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan self efficacy siswa yang signifikan pada pelajaran matematika sesudah diberikan perlakuan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Karena adanya pemberian perlakuan pada sampel (siswa yang memiliki self efficacy rendah) yaitu berupa layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki self efficacy rendah dan sangat rendah pada mata pelajaran matematika di kelas VIII F SMP Negeri 36 Surabaya. Data penelitian ini dianalisis dengan statistik non parametrik berupa uji Wilcoxon.
Berdasarkan hasil penelitian, tingkat self efficacy siswa terhadap pelajaran matematika sebelum diberikan perlakuan rata-rata berada pada kriteria ”sedang”, tetapi ada 13 siswa yang mempunyai self efficacy rendah dan sangat rendah. Layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik yang dapat meningkatkan self efficacy siswa terhadap mata pelajaran matematika yaitu layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik berupa video. Video yang digunakan tersebut adalah video yang bercerita tentang kegigihan seseorang, keberhasilan seseorang serta seseorang yang tidak mudah putus asa dalam pelajaran matematika. Tingkat self efficacy siswa terhadap pelajaran matematika sesudah diberikan perlakuan rata-rata berada pada kriteria ”sedang” dan tidak ada siswa yang mempunyai self efficacy rendah maupun sangat rendah. Hasil analisis uji Wilcoxon diperoleh t hitung = 3,204 dan t tabel = 2,064. Jadi, t hitung > t tabel sehingga Ho ditolak. Hal tersebut berarti terdapat peningkatan self efficacy siswa terhadap pelajaran matematika sesudah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Lisanul Uswah Sadieda | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||
Keywords: | Self Efficacy; Teknik Modeling simbolik; Matematika | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 28 Oct 2015 04:49 | ||||||
Last Modified: | 28 Oct 2015 04:49 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2474 |
Actions (login required)
View Item |