Dimensi spiritual tembang Lir-Ilir dalam semiotika tasawuf

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yaqin, Moh Ainul (2018) Dimensi spiritual tembang Lir-Ilir dalam semiotika tasawuf. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh Ainul Yaqin_E01212025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (Library Research). Masalah pokok yang ingin diketahui dalam penelitian ini adalah: Pertama, bagaimana tahapan-tahapan perjalanan spiritual Sunan Kalijaga yang berhasil menggubah karya monumental Tembang Lir-ilir dalam media dakwahnya yang selalu kontekstual hingga saat ini. Kedua,bagaimana Tembang Lir-ilir ini dimaknai secara semiotika Roland Barthes. Ketiga, bagaimana sisi spiritual tasawuf dari tembang Lir-ilir tersebut. Dalam menjawab permasalahan di atas, penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kulitatif. Metode deskriptif yakni pola yang berusaha menggambarkan suatu obyek secara apa adanya. Penggunaan metode ini dimaksudkan untuk memperoleh gambaran secara lengkap tentang tembang Lir-ilir dari teori semiotika Roland Barthes. Selanjutnya peneliti juga mencoba untuk menumpahkan segala sumber terkait sebagai rujukan ilmiah dalam pemaknaannya. Hasil analisis dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa tembang Lir-ilir memiliki makna spiritual yang tinggi dalam kontekstual zaman. Tembang Lir-ilir merupakan ajakan Sunan Kalijaga untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tembang Lir-ilir yang dinyanyikan oleh anak-anak kecil juga mampu mengubah akhlak masyarakat Jawa secara signifikan tanpa melalui konfrontasi dengan kepercayaan masyarakat Jawa sebelumnya. Masyarakat Jawa secara tidak sadar digiring perlahan untuk mengalihkan kepercayaan kepada Allah SWT. Sehingga dalam proses peralihan kepercayaan ini tidak ada pertikaian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yaqin, Moh Ainulakuyaqin43@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Teologi
Keywords: Spiritual; Lir-ilir; Semiotika; Tasawuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Yaqin Moh Ainul
Date Deposited: 09 May 2018 03:03
Last Modified: 09 May 2018 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24740

Actions (login required)

View Item View Item