Implementasi kegiatan keagamaan dalam meningkatkan sikap spiritual siswa tunagrahita di SLB al-Chusnaini Pekarungan Sukodono

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khadijah, Nila Zulfa (2018) Implementasi kegiatan keagamaan dalam meningkatkan sikap spiritual siswa tunagrahita di SLB al-Chusnaini Pekarungan Sukodono. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
NIila Zulfa Khadijah_D91214098.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama yang diberikan kepada siswa di sekolah tidak cukup hanya sekedar teori yang diajarkan di dalam kelas saja, namun perlu adanya perluasan pengajaran sampai dalam praktek. Kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilakukan di sekolah merupakan bentuk pendidikan agama yang bersifat praktek yang bertujuan untuk menunjang peningkatan sikap spiritual anak didik. Aspek-aspek yang menjadi fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana keadaan sikap spiritual siswa tunagrahita di SLB Al-Chusnaini, (2) Bagaimana implementasi kegiatan keagamaan dalam meningkatkan sikap spiritual siswa tunagrahita di SLB Al-Chusnaini, dan (3) Bagaimana peningkatan sikap spiritual siswa tunagrahita sebagai bentuk kontribusi implementasi kegiatan keagamaan dalam meningkatkan sikap spiritual siswa tunagrahita di SLB Al-Chusnaini Pekarungan Sukodono ? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keadaan sikap spiritual siswa tunagrahita di SLB Al-Chusnaini sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan indikator sikap spiritual yang ada dalam penilaian Kurikulum 2013 di jenjang SD/MI dan SMP/MTs. Implementasi kegiatan keagamaan dalam meningkatkan sikap spiritual siswa tunagrahita di SLB Al-Chusnaini Pekarungan Sukodono memberikan kesimpulan : Pertama, sikap spiritual manusia yang tercermin dalam hubungan manusia dengan Tuhannya terimplementasikan dalam kegiatan berdoa sebelum dan sesudah belajar, kegiatan sholat dhuhur berjama’ah, membaca Al-Qur’an dan menghafal surat-surat pendek, peringatan idul adha dan istighosah bersama. Kedua, sikap spiritual manusia yang tercermin dalam hubungan manusia dengan sesama manusia terimplementasikan dalam kegiatan halal bi halal, peringatan maulid nabi Muhammad saw, dan buka bersama. Ketiga, sikap spiritual manusia yang tercermin dalam hubungan manusia dengan alam terimplementasikan dalam semua kegiatan yakni kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk acara. Peningkatan sikap spiritual siswa tunagrahita sebagai bentuk kontribusi dari implementasi kegaiatan keagamaan dalam meningkatkan sikap spiritual siswa tunagrahita ditulis dalam bentuk prosesntase dan terbagi menjadi tiga ranah, yakni pertama dalam ranah hubungan manusia dengan Tuhannya (hablumminallah) yakni sebesar 66,6 %. Kedua dalam ranah hubungan manusia dengan sesama manusia (hablumminannass) yakni sebesar 66,6 %. Dan, ketiga dalam ranah hubungan manusia dengan alam yakni sebesar 100 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khadijah, Nila Zulfanilazulfakhadizah24@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Psikologi > Tuna Grahita
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Kegiatan keagamaan; peningkatan sikap spiritual; siswa tunagrahita
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khadijah Nila Zulfa
Date Deposited: 07 May 2018 08:22
Last Modified: 07 May 2018 08:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24751

Actions (login required)

View Item View Item