Hubungan antara kegiatan monitoring Kecakapan Penerapan Ibadah (KPI) dengan hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak peserta didik di SMP YPM 4 Bohar Taman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novitasari, Lisa Indri (2018) Hubungan antara kegiatan monitoring Kecakapan Penerapan Ibadah (KPI) dengan hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak peserta didik di SMP YPM 4 Bohar Taman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lisa Indri Novitasari_D71214044.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana kegiatan monitoring Kecakapan Penerapan Ibadah (KPI) peserta didik di SMP YPM 4 Bohar Taman? (2) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak peserta didik di SMP YPM 4 Bohar Taman? (3) Bagaimana hubungan antara kegiatan monitoring Kecakapan Penerapan Ibadah (KPI) dengan hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak peserta didik di SMP YPM 4 Bohar Taman? Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan minimnya kualitas akhlak yang terjadi di masyarakat saat ini, khususnya di kalangan remaja bahkan pelajar sekolah yang telah memberikan perhatian khusus bagi lembaga pendidikan mengingat dunia pendidikan merupakan tujuan pembentukan akhlak yang terlibat langsung dalam mempersiapkan masa depan manusia. Oleh karena itu, lembaga Yayasan Pendidikan Ma’arif mengembangkan kurikulum sekolahnya menjadi kurikulum berkarakter yang berasaskan islam. Dan pengembangan kurikulum di SMP YPM 4 Bohar Taman tersebut berupa sebuah kegiatan monitoring kecakapan penerapan ibadah (KPI). Hal ini bertujuan untuk meminimalisir keresahan para orang tua terhadap krisis pendidikan agama anak mereka. Data-data yang penelitian ini dihimpun dari peserta didik SMP YPM 4 Bohar Taman sebagai objek penelitian. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan teknik prosentase dan korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus prosentase dan “r” Product Moment, dapat disimpulkan bahwa: (1) Prosentase kegiatan monitoring kecakapan penerapan ibadah (KPI) di SMP YPM 4 Bohar Taman bernilai 60,9% termasuk dalam kategori “cukup baik”, (2) Prosentase hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak peserta didik semester ganjil tahun ajaran 2017-2018 bernilai 91%, termasuk dalam kategori “baik”, (3) Ada hubungan antara kegiatan monitoring kecakapan penerapan ibadah (KPI) dengan hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak peserta didik di SMP YPM 4 Bohar Taman dengan hasil perhitungan “r” Product Moment diperoleh r_hitung > r_tabel (0,410 > 0,213) dan termasuk kategori “cukup”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novitasari, Lisa Indrilisaindri.novitasari@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Kegiatan monitoring; Kecakapan penerapan ibadah; Hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Novitasari Lisa Indri
Date Deposited: 07 May 2018 03:16
Last Modified: 07 May 2018 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24760

Actions (login required)

View Item View Item