Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Hasanuddin Tebel Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahayu, Fauziah (2018) Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Hasanuddin Tebel Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fauziah Rahayu_D71214037.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana gaya belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Hasanuddin Tebel Gedangan Sidoarjo? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Hasanuddin Tebel Gedangan Sidoarjo? (3) Bagaimana pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Hasanuddin Tebel Gedangan Sidoarjo? Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan minimnya peserta didik yang menyadari gaya belajarnya sendiri, sehingga ketika proses belajar peserta didik merasa kesulitan dalam menerima materi yang diajarkan oleh guru. Setiap individu memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Individu yang mengetahui gaya belajarnya, maka akan lebih mudah menerima dan memproses materi yang diberikan. Apalagi jika ditunjang dengan penggunaan metode yang tepat untuk digunakan oleh guru dalam penyampaian materi. Dan hal itu akan memberikan pengaruh pada prestasi belajar seseorang. Data-data yang penelitian ini dihimpu dari peserta didik MTs Hasanuddin Tebel Gedangan Sidoarjo sebagai objek penelitian. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan teknik prosentase dan korelasi Regresi Linear Sederhana. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus prosentase dan Regresi Linear Sederhana, dapat disimpulkan bahwa: (1) Prosentase gaya belajar siswa di MTs Hasanuddin Tebel Gedangan Sidoarjo bernilai 43,51% termasuk dalam kategori “cukup baik”, (2) Prosentase prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak peserta didik semester ganjil tahun ajaran 2017-2018 bernilai 68%, termasuk dalam kategori “baik”, (3) Ada hubungan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak peserta didik di MTs Hasanuddin Tebel Gedangan Sidoarjo dengan berdasarkan hasil analisis menunjukkan 46,9 yang tergolong hubungan yang cukup kuat. Hasil perhitungan R Square diketahui bahwa gaya belajar mempengaruhi prestasi belajar siswa sebanyak 46,9% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor-faktor lain yang memumngkinkan mempengaruhi gaya belajar siswa adalah seperti motivasi, keluarga, dan teman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahayu, Fauziahfauziahrahayu14@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Gaya Belajar; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahayu Fauziah
Date Deposited: 07 May 2018 03:45
Last Modified: 07 May 2018 03:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24767

Actions (login required)

View Item View Item