Penerapan metode Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pada siswa kelas V MI Al-Islah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kismasari, Putri (2018) Penerapan metode Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pada siswa kelas V MI Al-Islah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Putri Kismasari_D07214014.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran IPA, kurangnya variasi dalam metode pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar serta keterampilan menulis deskripsi siswa dalam mata pelajaran IPA yang dapat dikategorikan kurang. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Sehingga siswa pasif dalam menerima materi pembelajaran. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penerapan metode Two Stay Two Stray dalam pelaksanaan pembelajaran IPA. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode Two Stay Two Stray (TSTS) untuk keterampilan menulis deskripsi mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) pada siswa kelas V MI Al-Islah Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis deskripsi mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) pada siswa kelas V MI Al-Islah Sidoarjo melalui penerapan metode Two Stay Two Stray (TSTS)? Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan penilaian produk. Instrumen penelitian yang digunakan adalah penilaian produk, lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan metode Two Stay Two Stray pada materi alat pencernaan manusia kelas V dapat dilihat dari nilai aktivitas guru dan aktivitas siswa. Pada siklus I aktivitas guru mendapat nilai 78 (cukup) dan meningkat pada siklus II dengan nilai 85 (baik). Untuk aktivitas siswa pada siklus I mendapat nilai 77 (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 84 (baik). 2) Adanya peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V. persentase ketuntasan keterampilan menulis deskripsi siswa pada pra siklus yaitu 34,7% (gagal), meningkat menjadi 47,8% (gagal) pada siklus I, kemudian meningkat lagi 82,6% (Baik) pada siklus II. Sedangkan untuk nilai rata-rata kelas pada pra siklus yaitu 67,17 meningkat menjadi 76,75 pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 84,86 pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kismasari, Putrikismasarii@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Metode Pembelajaran
Menulis
Keywords: Metode Two Stay Two Stray (TSTS); Keterampilan menulis deskripsi; Mata pelajaran ilmu pengetahuan alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Kismasari Putri
Date Deposited: 07 May 2018 07:46
Last Modified: 07 May 2018 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24770

Actions (login required)

View Item View Item