Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Metamorfosis Kelas III MI Al Islah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Chusnul (2018) Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Metamorfosis Kelas III MI Al Islah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Chusnul Latifah_D77214029.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran IPA sekaligus wali kelas III, kurangnya variasi dalam model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar serta peningkatan pemahaman siswa dalam mata pelajaran IPA dapat dikategorikan kurang. Proses belajar yang masih lemah dan terperangkap dalam proses menghafal, dan menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa menjadi pasif dan tidak bersemangat. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penggunaan model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation untuk meningkatkan pemahaman materi metamorfosis pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas III MI Al-Islah Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman siswa kelas III MI Al-Islah Sidoarjo dalam materi metamorfosis pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation?. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin yang tiap siklusnya terdiri dari empat komponen pokok, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Tes menggunakan penilaian tes tulis, observasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara menggunakan format panduan wawancara guru dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi metamorfosis mata pelajaran IPA siswa kelas III dapat dilihat dari nilai aktivitas guru dan aktifitas siswa. Pada siklus I aktivitas guru mendapat nilai 77,63 (cukup) dan meningkat pada siklus II dengan nilai 96,05 (sangat baik). Untuk aktivitas siswa pada siklus I mendapat nilai 77,77 (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 94,44 (sangat baik). 2) Adanya peningkatan pemahaman siswa kelas III. Persentase ketuntasan peningkatan pemahaman pada pra siklus yaitu 30,30%, meningkat menjadi 63,63% (cukup) pada siklus I, kemudian meningkat lagi 84,84% (Baik sekali) pada siklus II. Sedangkan untuk nilai rata-rata kelas pada pra siklus yaitu 58,93 meningkat menjadi 65,9 pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 82 pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, Chusnulchusnull74@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Peningkatan Pemahaman; Kooperatif; Group Investigation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Latifa Chusnul
Date Deposited: 07 May 2018 07:47
Last Modified: 07 May 2018 07:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24771

Actions (login required)

View Item View Item