Studi komparasi kemampuan baca tulis Al Qur’an dalam program BTQ pada siswa akselerasi dan siswa reguler Kelas XI di SMAN 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspitasari, Elda Octaviana (2018) Studi komparasi kemampuan baca tulis Al Qur’an dalam program BTQ pada siswa akselerasi dan siswa reguler Kelas XI di SMAN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Elda Octaviana Puspitasari_D71214061.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) siswa kelas XI Akselerasi SMAN 1 Sidoarjo?, (2) Bagaimana kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) siswa kelas XI Reguler SMAN 1 Sidoarjo?, (3) Bagaimana komparasi kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) siswa kelas XI SMAN 1 Sidoarjo antara Program Akselerasi dengan Program Reguler?. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan Kemampuan peserta didik yang berbeda-beda, menjadi wajar jika mengingat lingkungan tempat mereka tinggal serta latar belakang mereka yang juga berbeda. Membuat guru sedikit kesulitan untuk melakukan penanganan terhadap masalah ini. Secara teoritis selain factor tersebut, program Pendidikan diyakini mempunyai pengaruh pada tingkat kemampuan siswa SMA Negeri 1 Sidoarjo. Siswa dari program Akselerasi dianggap lebih baik dari program regular. Keyakinan tersebut didasarkan pada fakta bahwa kurikulum yang diterapkan pada program akselerasi deprogram dengan sebaik-baiknya selain itu IQ yang dimiliki siswa program akselerasi dengan kapasitas minimal 120 dibanding IQ yang dimiliki siswa regular yang memiliki IQ dengan kapasitas yang beragam. Data data dari penelitian ini dihimpun dari peserta didik akselerasi dan peserta didik regular di SMA Negeri 1 Sidoarjo sebagai objek penelitian. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara kuisioner, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan teknik uji t independent. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan uji t independent, dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) siswa kelas XI Akselerasi di SMAN 1 Sidorajo sebesar 81,3 (Baik) yang artinya menguasai kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ). (2) Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) siswa kelas XI Reguler di SMAN 1 Sidorajo sebesar 86,7 (Sangat Baik) yang artinya sangat menguasai kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ (3) Komparasi kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) yaitu berdasarkan hasil t test yang diperoleh didapat t hitung sebesar 3.222, dengan t table sebesar 1.661, dengan ketentuan adalah taraf signifikansi 5% dan dk sebesar 96. Dengan demikian hipotesa Ha diterima, artinya adalah ada perbedaan kemampuan antara siswa akselerasi dengan siswa regular di SMA Negeri 1 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspitasari, Elda Octavianaeldaoctavianaps@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Al Qur'an
Keywords: Kemampuan; BTQ; Akselerasi; Reguler
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Puspitasari Elda Octaviana
Date Deposited: 07 May 2018 03:47
Last Modified: 07 May 2018 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24772

Actions (login required)

View Item View Item