Konsep pendidikan anak perspektif Abdullah Nasikh Ulwan dan relevansinya terhadap moral peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufarrohah, Naili (2018) Konsep pendidikan anak perspektif Abdullah Nasikh Ulwan dan relevansinya terhadap moral peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naili Mufarrohah_D01214018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses dimana anak didik dipersiapkan untuk menghadapi tantangan kehidupan di masa yang akan datang dan lebih bertanggungjawab terhadap beban yang dipikulnya. Latar belakang dari penelitian ini bahwa anak merupakan amanah yang diberikan oleh Allah SWT kepada pendidik khususnya orang tua yang harus di didik menjadi manusia yang beriman dan beribadah kepada-Nya. Dalam hal ini, peran pendidik didukung oleh metode pendidikan dalam menanamkan pendidikan terhadap anak. Skripsi ini merupakan hasil penelaahan terhadap pemikiran Abdullah Nasikh Ulwan terhadap pendidikan anak yang dikaitkan dengan moral peserta didik saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research), yakni kajian literature melalui riset kepustakaan dengan menggunkan data kualitatif yakni data informasi yang berbentuk kalimat verbal bukan berupa symbol atau bilangan. Pendekatan yang dilakukan ialah pendekatan filosofis pedagogis, pendekatan yang merupakan suatu analisis yang hati-hati mengenai penalaran suatu masalah dan penyusunan secara sengaja serta sistemtis atas suatu sudut pandang yang menjadi dasar suatu tindakan. Abdullah Nasikh Ulwan memfokuskan tujuan pendidikan tidak hanya mementingkan aspek kecerdasan saja, tapi lebih pada dimensi kualitas manusia secara utuh dengan pendekatan pada sisi keshalehan anak didik. Materi pendidikan anak yang mendasar dan universal untuk diajarkan, antara lain: tanggungjawab pendidikan keimanan, tanggungjawab pendidikan akhlak, tanggungjawab pendidikan fisik, tanggungjawab pendidikan intelektual, tanggungjawab pendidikan psikis, tanggungjawab pendidikan sosial dan tanggungjawab pendidikan seks. Lalu metode yang bias diterapkan untuk peserta didik ialah : metode keteladanan, metode adat kebiasaan, metode nasehat, metode pengawasan dan metodedengan hukuman. Metode dan materi yang disampaikan oleh Abdullah Nasikh Ulwan dinilai sebagai kosep pendidikan anak yang strategis dan mampu mengatasi problematika dalam pendidikan anak di era saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufarrohah, Nailimufarrohanaily@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Konsep pendidikan anak; pendidikan menurut Abdullah Nasikh Ulwan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mufarrohah Naili
Date Deposited: 07 May 2018 04:22
Last Modified: 07 May 2018 04:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24783

Actions (login required)

View Item View Item