تطبيق طريقة "استقرائية السوكرتيس" لترقية مهارة القراءة و الكلام لدى طلاب الصف الحادي عشر بمدرسة الناجية الثانوية وونوجولو سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Taqiyah, M. Jauharotut (2018) تطبيق طريقة "استقرائية السوكرتيس" لترقية مهارة القراءة و الكلام لدى طلاب الصف الحادي عشر بمدرسة الناجية الثانوية وونوجولو سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Jauharotut Taqiyah_D02214008.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa arab di sma an-najiyah mengalami kekurangan media pembelajaran khususnya pada keterampilan membaca dan berbicara. Sebab itu banyak siswa yang merasa sulit dalam proses belajar mengajar dan kurangnya semangat untuk meningkatkan kemampuanya dalam belajar bahasa arab. Dan permasalahanya adalah mereka kesulitan dalam memahami teks dan mengemukakan sebuah pendapat pada teman-temanya, dan mereka membutuhkan media untuk mengurangi problem dan membantunya pada keterampilan membaca dan berbicara, maka peneliti menerapkan metode seminar socrates untuk meningkatkan keterampilan membaca dan berbicara siswa SMA AN-NAJIYAH Wonocolo Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan siswa pada ketrampilan membaca dan berbicara kelas XI di SMA An-Najiyah Surabaya. 2) untuk mengetahui penerapan metode “seminar of socrates”untuk meningkatkan ketrampilan membaca dan berbicara pada kelas XI SMA An-Najiyah Surabaya. 3) untuk mengetahui Sidosermo Surabaya peningkatan kemampuan ketrampilan menbaca dan berbicara setelah penerapan metode“seminar of socrates” pada kelas XI SMA An-Najiyah Surabaya.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan “t” tes. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan analisis data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikasi perbedaan tingkat pencapaian maharoh qiro’ah dan kalam siswa sebelum dan sesudah penerapan metode “seminar of socrates”pada siswa kelas XI yang terdiri dari 2 kelas. Sedangkan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, sampel penelitian sebanyak 33 siswa yang terdiri dari dua kelas, yakni kelas XI IPA dan kelas XI IPS. Jenis penilitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu mencari adanya hubungan variabel x terhadap variabel y, adapun hasil yang didapat adalah T hitung lebih besar dari T tabel dengan nilai positif 1,696>18,126maka menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima. Begitu juga dengan signifikan probabilitas data lebih kecil dari derajat alfa (kesalahan) yaitu 0.00<0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian penerrapan metode “seminar of socrates”mampu meningkatkan keterampilan membaca dan berbicarapada siswa kelas XI SMA An-Najiyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Taqiyah, M. Jauharotutinayajauhar@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: ketrampilan membaca; berbicara; seminar shocrates
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Taqiyah M. Jauharotut
Date Deposited: 07 May 2018 08:58
Last Modified: 07 May 2018 08:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24795

Actions (login required)

View Item View Item