Interaksi sosial masyarakat Islam dan Kristen dalam perspektif Georg Simmel: studi tentang bentuk-bentuk interaksi sosial Islam-Kristen di Dusun Mutersari Desa Ngrimbi Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rifki, Maulana (2018) Interaksi sosial masyarakat Islam dan Kristen dalam perspektif Georg Simmel: studi tentang bentuk-bentuk interaksi sosial Islam-Kristen di Dusun Mutersari Desa Ngrimbi Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Maulana Rifki_I93214065.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bentuk-bentuk interaksi sosial yang terbangun antara masyarakat Islam dan Kristen untuk menjaga kerukunan umat beragama Di Dusun Mutersari Desa Ngrimbi Kabupaten Jombang yang dilihat dari perspektif Georg Simmel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisa dengan menggunakan teori Georg Simmel perihal bentuk-bentuk interaksi sosial. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa terdapat tiga bentuk interaksi sosial yang terbangun antara masyarakat Islam dan Kristen dari empat bentuk interaksi sosial yang dikemukakan oleh Georg Simmel diantaranya; (1) subrordinasi dibawah satu kepemimpinan, kepemimpinan Kepala Dusun secara tidak langsung telah mendominasi interaksi sosial antara masyarakat Islam dan Kristen, misalkan menjaga kerukunan antar umat beragama dalam kehidupan sehari-hari kemudian mematikan speaker Masjid saat ada Kebaktian Natal di Gereja. (2) Subordinasi dibawah prinsip ideal seperti hanya menjenguk masyarakat berbeda agama yang sedang sakit dan berkunjung kerumah duka saat salah satu anggota masyarakat berbeda agama juga ikut dalam menggali kubur orang yang meninggal karena dalam ajaran Kristen dituntut untuk saling mengasihi sesama manusia, dan dalam Islam dikenal masyarakat sebagai agama yang rahmatan lil alamin yaitu agama bagi seluruh umat manusia. (3) Subordinasi dan kebebasan individu, seperti halnya pemilihan Kepala Dusun yang baru dan juga musyawarah tingkat Dusun yang diikuti oleh perwakilan masyarakat Islam dan Kristen dengan tidak membeda-bedakan agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rifki, Maulanamaulanarifky57@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi > Sosiologi Agama
Keywords: Interaksi Sosial; Masyarakat Islam dan Kristen; Perspektif Georg Simmel
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Rifki Maulana
Date Deposited: 14 May 2018 06:22
Last Modified: 14 May 2018 06:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24799

Actions (login required)

View Item View Item