تطبيق نظرية تعلّم البنائية (Teori Belajar Konstruktivisme) جيروم برونر (Jerome Bruner) لترقية مهارة الكتابة لطلبة الفصل السابع بمدرسة غزالية المتوسطة الإسلامية سومبر موليا جاكاراطا جمبانج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chusnah, Siti Asma'ul (2018) تطبيق نظرية تعلّم البنائية (Teori Belajar Konstruktivisme) جيروم برونر (Jerome Bruner) لترقية مهارة الكتابة لطلبة الفصل السابع بمدرسة غزالية المتوسطة الإسلامية سومبر موليا جاكاراطا جمبانج. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Asma'ul Chusnah_D72212080.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang lebih sulit dikuasai dari ketiga keterampilan berbahasa lainnya. Hal ini dikarenakan keterampilan menulis membutuhkan penguasaan berbagai unsur kebahasaan lainnya, rasa bahasa serta kreativitas untuk dituangkan dalam sebuah tulisan atau gagasan. Setiap penulis memiliki gaya penulisan masing-masing dan tidak bisa dipaksakan. Seperti halnya pada teori belajar Konstruktivisme Jerome Bruner yang membebaskan seseorang untuk membangun pemahaman dan pengetahuannya sendiri serta leluasa menuangkan pikiran dan perasaannya ke dalam bentuk tulisan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Sampel penelitian adalah 41 siswa kelas VII B MTs Ghozaliyah Sumbermulyo Jogoroto Jombang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara soal uji keterampilan menulis, observasi, wawancara dan dokumentasi. Soal uji keterampilan menulis digunakan untuk menilai keterampilan menulis siswa. Lembar observasi digunakan untuk menilai keaktifan siswa dan problematikanya dalam pembelajaran bahasa Arab. Wawancara digunakan untuk memperkuat hasil observasi dan dokumentasi digunakan untuk kelengkapan dokumen yang diperlukan dalam penelitian. Setelah dilakukan analisis data penelitian, didapatkan hasil sebagai berikut:Nilai keterampilan menulis siswa pada pertemuan pertama rata-rata 71 dan pada pertemuan kedua rata-rata 86 dengan selisih 15. Dibandingkan dengan sebelum penerapan teori, nilai siswa mengalami peningkatan dengan selisih 28. Secara keseluruhan nilai siswa sudah mengalami peningkatan dan melebihi nilai KKM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chusnah, Siti Asma'ulchussyy88@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Teori Belajar Konstruktivisme Jerome Bruner; Keterampilan Menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Chusnah Siti Asma'ul
Date Deposited: 15 May 2018 02:42
Last Modified: 15 May 2018 02:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24855

Actions (login required)

View Item View Item