Peningkatan hasil belajar pembelajaran Tematik subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) di kelas IV MI Mambaul Ulum Megaluh Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falla, Yudha Noer (2018) Peningkatan hasil belajar pembelajaran Tematik subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) di kelas IV MI Mambaul Ulum Megaluh Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Yudha Noer Falla_D77214080.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa kelas IV MI Mambaul Ulum Megaluh Jombang pada pembelajaran tematik subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku. Berdasarkan hasil kegiatan pra siklus, pada mata pelajaran IPS persentase ketuntasan 45,833% dengan nilai rata kelas 67,21, mata pelajaran PKn persentase ketuntasan 41,67% dengan nilai rata kelas 67,29, dan mata pelajaran Bahasa Indonesia persentase ketuntasan 50% dan nilai rata kelas 69,5. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tematik subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku di kelas IV MI Mambaul Ulum Megaluh. (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar pembelajaran tematik subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) di kelas IV MI Mambaul Ulum Megaluh Jombang. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Mambaul Ulum Megaluh Jombang yang terdiri dari 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Dibuktikan dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yang memperoleh jumlah skor 66,25 (cukup), menjadi 78,75 (baik) pada siklus II, dan meningkat menjadi 86,25 (sangat baik) pada siklus III. Dibuktikan juga dengan peningkatan hasil observasi aktivitas siswa dari perolehan jumlah skor 63,75 (cukup) pada siklus I, menjadi 78,75 (baik) pada siklus II, dan meningkat menjadi 91,25 (sangat baik) pada siklus III. 2) Peningkatan hasil belajar pembelajaran tematik subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata kelas mata pelajaran IPS pada pra siklus sebesar 67,21 dengan persentase 45,833%, pada siklus I menjadi 69,45 dengan persentase 58,33%, pada siklus II menjadi 73,33 dengan persentase 87,5%, dan meningkat menjadi 81,46 dengan persentase 95,83% pada siklus III. Dilihat dari nilai rata kelas mata pelajaran PKn pada pra siklus sebesar 67,29 dengan persentase 41,67%, pada siklus I menjadi 73,5 dengan persentase 83,33%, pada siklus II menjadi 80,83 dengan persentase 91,67%, dan meningkat menjadi 81,67 dengan persentase 95,83% pada siklus III. Dapat dilihat dari nilai rata kelas mata pelajaran Bahasa Indonesia pada pra siklus sebesar 69,5 dengan persentase 50%, pada siklus I menjadi 71,3 dengan persentase 62,5%, pada siklus II menjadi 74,3 dengan persentase 87,5%, dan meningkat menjadi 80,67 dengan persentase 91,67% pada siklus III.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falla, Yudha Noeryudhanoerfallah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Peningkatan hasil belajar; Model Pembelajaran Berbasis Masalah; PBM
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Falla Yudha Noer
Date Deposited: 09 May 2018 02:22
Last Modified: 09 May 2018 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24859

Actions (login required)

View Item View Item