Pengaruh penerapan metode ummi terhadap kemampuan membaca Al-qur'an peserta didik di SD al-falah assalam Tropodo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Auliya'ilhaq, Muhammad Masyfu' (2018) Pengaruh penerapan metode ummi terhadap kemampuan membaca Al-qur'an peserta didik di SD al-falah assalam Tropodo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Masyfu' Auliya'Ilhaq_D01214010.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Untuk mendiskripsikan strategi atau sistematika pembelajaran motode Ummi (2) Untuk mendiskripsikan penerapan metode Ummi pada peserta didik di SD Al-Falah Assalam (3) Untuk membuktikan pengaruh penerapan metode Ummi terhadap kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di SD Al-Falah Assalam.Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun jumlah populasinya adalah 125 peserta didik di SD Al-Falah Assalam Tropodo Sidoarjo kelas V. Sampel yang diambil adalah 32% dari populasi yaitu 40 peserta didik. Lokasi yang diteliti adalah SD Al-Falah Assalam Tropodo Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan data uji validitas menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Penerapan metode Ummi di SD Al-Falah Assalam Tropodo Sidoarjo tergolong “Cukup baik” karena berada diantara 35% - 65% standart deviasi 2,12419 dan rata-rata 26,7250. (2) Kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di SD Al-Falah Assalam Tropodo Sidoarjo tergolong “Baik” karena berada diantara 65% - 100% standart deviasi 2,01262 dan rata-rata 25,2750. (3) Pengaruh penerapan metode Ummi terhadap kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik sebesar 32% variabel kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik dipengaruhi oleh penerapan metode Ummi, sisanya sebesar 68% oleh variabel lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Auliya'ilhaq, Muhammad Masyfu'ilhaq.syfu@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Al Qur'an
Keywords: Metode Ummi; Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ilhaq M. Masyfu' Auliya'
Date Deposited: 09 May 2018 08:09
Last Modified: 09 May 2018 08:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24900

Actions (login required)

View Item View Item