Konflik Ideologi; studi kasus di Desa Sumengko Wringinanom Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prasetya, Adi (2018) Konflik Ideologi; studi kasus di Desa Sumengko Wringinanom Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Adi Prasetya_E92214042.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Konflik Ideologi (Studi Kasus di Desa Sumengko Wringinanom Gresik)” ini dilatarbelakangi oleh hubungan yang kurang harmonis antara kelompok Ahlusunnah dan kelompok Sunnatullah, kedua kelompok tersebut merupakan kelompok Islam dan berada di desa yang sama yakni desa Sumengko Wringinanom. Hubungan yang kurang harmonis antara kelompok Ahlusunnah dan kelompok Sunnatullah memunculkan konflik sosial yang bersumber karena perbedaan ideologi keagamaan. Berangkat dari permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian untuk mengetahui apa yang menjadi sumber-sumber konflik antar kedua kelompok tersebut, mengetahui corak ideologi keagamaan kedua kelompok tersebut, kasus-kasus konflik yang terjadi hingga proses mediasi yang dilakukan oleh masyarakat kepada kedua kelompok tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti melakukan pengamatan secara langsung terhadap objek terhadap perilaku keagamaan, ritual keagamaan dan berupaya melibatkan diri pada kegiatan-kegiatan yang dilakukan kedua kelompok tersebut (observasi partisipan) dan tentunya melakukan wawancara dengan kedua kelompok yang terlibat. Berdasarkan hasil penelitian, corak ideologi kelompok Ahlusunnah adalah tradisionalis sedangkan kelompok Sunnatullah adalah puritan. Perbedaan ideologi dari kedua kelompok tersebut menjadi salah satu faktor konflik yang disebabkan karena adanya perbedaan pemaknaan dalam ritual pelaksanaan ibadah. Sumber-sumber perbedaan pemahaman maupun kegiatan keagamaan yang menyebabkan terjadinya konflik ialah diantaranya; selametan (kirim do’a berjamaah), tahlilan, perayaan maulud nabi, mengirimkan do’a atau alfatihah, adzan dua kali saat sholat jum’at, serta pelaksanaan sholat shubuh dengan bacaan qunut. Untuk menciptakan kondisi yang harmonis kepada dua kelompok yang terlibat konflik, dilakukan upaya – upaya mediasi oleh Pemerintahan desa, kecamatan, kabupaten maupun Aparat yang berwenang terhitung sejak awal mula konflik di tahun 2012 hingga di akhir tahun 2017.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prasetya, Adiadiprasetya0769@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ideologi Islam
Keywords: KOnflik; Ideologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Prasetya Adi
Date Deposited: 11 May 2018 02:38
Last Modified: 11 May 2018 02:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24930

Actions (login required)

View Item View Item