Agama dan etos kerja: studi tentang hubungan agama dengan etos kerja masyarakat agraris di Desa Burno Kecamatan Senduro Lumajang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prihastiningtyas, Nooriza Ajeng (2018) Agama dan etos kerja: studi tentang hubungan agama dengan etos kerja masyarakat agraris di Desa Burno Kecamatan Senduro Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nooriza Ajeng Prihastiningtyas_E92214043.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masyarakat desa Burno merupakan masyarakat agraris yang berada di kawasan lereng gunung semeru, yang menjadikan lahan di kawasan desa Burno menjadi subur. Namun sektor pertanian bukanlah satu- satunya pekerjaan yang diandalkan untuk menopang kehidupan. Mengingat apabila kebutuhan primer tercukupi, ternyata masyarakat masih dituntut untuk memenuhi kebutuhan sekundernya, kebutuhan untuk memenuhi pendidikan anak dan kebutuhan lain. Ekonomi yang sulit tidak menyebabkan rasa semangat masyarakat Burno berkurang akan tetapi mereka terus berkembang. Etos kerja masyarakat Burno sangatlah tinggi. Mereka menilai kerja bagi seorang manusia adalah sebuah keharusan supaya hidup menjadi lebih baik. Mayoritas mayarakat Burno adalah beragama Islam, dengan tingkatan pemahaman agama yang berbeda setiap orangnya. Dari paparan diatas, peneliti akan menganalisis tentang bagaimana relasi pemahaman agama dengan etos kerja. Pemahaman agama seseorang akan memberikan dampak kepada etos kerja masyarakat desa Burno. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu mendeskripsikan fakta yang diteliti tentang hubungan agama dengan etos kerja masyarakat agraris di desa Burno dengan melukiskan keadaan subyek penelitian. Penelitian ini mendeskripsikan fakta- fakta yang terjadi dalam pemahaman agama dan etos kerja masyarakat Burno. Dari hasil penelitian ini pemahaman agama dengan etos kerja masyarakat Burno mempunyai sebuah relasi. Pemahaman agama masyarakat Burno memberikan motivasi, dorongan dan etika dalam bekerja yang di dalamnya terdapat nilai ibadah. Pemahaman agama disini merupakan salah satu faktor pendukung etos kerja yang unggul, selain ada faktor lain seperti kebutuhan hidup, lingkungan dan sosial budaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prihastiningtyas, Nooriza Ajengrisaajeng27@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Etos Kerja
Keywords: Etos Kerja; Agama Islam; Pemahaman Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Prihastiningtyas Nooriza Ajeng
Date Deposited: 11 May 2018 03:24
Last Modified: 11 May 2018 03:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24938

Actions (login required)

View Item View Item