Pandangan K.H. Hasyim Asy’ari tentang konsep hakikat dan tujuan pendidikan Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Robika, Sholi (2018) Pandangan K.H. Hasyim Asy’ari tentang konsep hakikat dan tujuan pendidikan Islam. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img]
Preview
Text
Sholi Robika_D91214100.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari dampak pendidikan modern yang semakin hari semakin meninggalkan posisi etika dalam kehidupan diera modern ini. Hal ini diakibatkan karena banyak orang yang terjerumus dalam hal materialisme, sehingga banyak orang lebih banyak mementingkan rasionalnya sendiri tanpa memperdulikan masalah etika dalam kehidupan ini. Tetapi yang harus kita ketahui disini adalah, sesungguhnya tujuan yang paling utama dari pendidikan islam pembentukan akhlak dan budi pekerti yang sanggup menghasilkan orang-orang beretika yang baik, jiwa yang bersih, dan dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Sehingga dari hal itu penulis tertarik untuk mengkaji bagaimana bagaimana Pandangan K.H. Hasyim Asy’ari tentang Konsep Hakikat dan Tujuan Pendidikan Islam, yang kemudian nantinya akan dapat memecahkan masalah-masalah pendidikan yang terjadi dinegeri ini. Adapun penelitian ini berfokus pada: 1. Bagaimana Pandangan K.H. Hasyim Asy’ari mengenai Hakikat pendidikan islam?, 2. Bagaimana Pandangan K.H. Hasyim Asy’ari mengenai Tujuan pendidikan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi pustaka (library reseach), ialah penelitian teknik pengumpulan datanya dilakukan di perpustakaan dengan didasarkan atas pembacaan-pembacaan terhadap literature yang memiliki informasi dan relevansi dengan topik penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan untuk menganalisis isi adalah (content analisis), metode ini merupakan analisis ilmiyah mengenai isi pesan sebuah pemikiran. Dalam hai ini peneliti mengkaji dari Pandangan K.H. Hasyim Asy’ari tentang Konsep Hakikat dan Tujuan Pendidikan Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1. Pandangan K.H. Hasyim Asy’ari tentang Hakikat pendidikan islam, yang lebih menunjukkan kepada teoritisi. Teoritisi ini terlihat pada gagasan dan pemikirannya yang didasarkan pada kebutuhan masyarakat dan situasi kultural pada zamannya. 2.Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari mengenai Tujuan pendidikan islam yaitu yang lebih mengarah pada Praktisi yaitu hal yang lebih mengarah pada praktik yang harus dilakukan dalam pendidikan yang bertujuan beribadah kepada Allah atau menciptakan ruh manusia yang produktif dan dinamis pada jalan yang benar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Robika, Sholiselyrebeka@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Pandangan K.H. Hasyim Asy’ari; hakikat pendidikan Islam; tujuan pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Robika Sholi
Date Deposited: 09 May 2018 07:46
Last Modified: 09 May 2018 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24946

Actions (login required)

View Item View Item