Keistimewaan minyak zaitun dalam pengobatan: analisis hadis Sunan Ibn Majah no indeks 3320

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sinta, Fitriani (2018) Keistimewaan minyak zaitun dalam pengobatan: analisis hadis Sunan Ibn Majah no indeks 3320. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitriani Sinta_E95214028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kitab Sunan ibn Majah merupakan salah satu kitab hadis dalam jajaran kutub al-sittah Kalangan Muhaddithin menyebut Sunanal-Tirmidhi, Sunan Abi Dawud, Sunan al-Nasa’i, Sunan Ibn Majah dengan al-Sunan al-Arba‘ah (empat sunan). Kitab Ibn Majah ini sangat bermanfaat dalam masalah Fiqh. Rasulullah membicarakan anjuran menjaga kesehatan dan perlunya menjaga kesehatan bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah hadis riwayat Ibn Majah no 3320 yang membahas tentang anjuran Nabi mengkonsumsi minyak zaitun sebagai salah satu menjaga kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas hadis dalam Sunan Ibn Majah No indeks 3320, serta menjelaskan pemaknaan hadis tentang anjuran Nabi SAW terkaitmengkonsumsi minyak zaitun. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research). Untuk mewujudkan tujuantersebut, penulis mengumpulkan data hadis dengan cara takhrij yang diperoleh dari Sunan al-Darimi danSunan al-Tirmidhidan kitab-kitab penunjang lainnya. Selanjutnya dilakukan melakukanlangkah-langkah kritik sanad dan matan, melakukan i`tibar. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa hadis tersebut berkualitas hasan li dhatihi, karena di dalam hadis tersebut ada sanad yang dinilai kadhib, dengan berdasarkan beberapa data. Pemaknaan dari hadis yang diteliti sebagaimana bunyi matannya yakni anjuran memakai minyak zaitun dengan pendekatan medis dalam ruang lingkup ilmu gizi yang menjelaskan mengkonsumsi dan menggunakan minyaknya untuk bahan pangan yang bermanfaat untuk kesehatan, diantara manfaatnya yaitu mengurangi kolestrol, merawat rambut, mencegah osteoporosis, mencegah diabetes, mampu melawan kanker, sebagai pelembap wajah, sebagai antioksidan, menurunkan tekanan darah. Penelitian juga banyak ditemukan oleh ilmuan-ilmuan dan pakar kesehatan yang membuktikan khasiat dan manfaatnya salah satunya yang diadakan di Itali membuktikan bahwa yang mengkonsumsi minyak zaitun tekanan darah mereka terjadi penurunan dalam darah dengan kadar 7 poin tensi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sinta, Fitrianifitrianisinta1718@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Hadis
Keywords: Zaitun; Medis; Sunan Ibn Majah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Sinta Fitriani
Date Deposited: 11 May 2018 04:13
Last Modified: 18 Mar 2019 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24949

Actions (login required)

View Item View Item