Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembinaan perilaku adaptif anak berkebutuhan khusus pada masa pubertas: studi kasus di MI Badrussalam dan MTs. Wachid Hasyim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abady, Muchammad Reza (2018) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembinaan perilaku adaptif anak berkebutuhan khusus pada masa pubertas: studi kasus di MI Badrussalam dan MTs. Wachid Hasyim Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchammad Reza Abady_F03213039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) anak yang dalam proses tumbuh kembangnya secara signifikan dan meyakinkan mengalami penyimpangan, baik penyimpangan fisik, mental-intelektual, sosial maupun emosional baik yang bersifat permanen atau temporer sehingga memerlukan pendidikan khusus atau layanan khusus untuk mengembangkan potensinya. Perkembangan secara hormonal (pubertas) pada anak berkebutuhan khusus berjalan normal sebagaimana anak-anak pada umumnya.Sehingga pembinaan perilaku adaptif pada anak berkebutuhan khusus ketika dalam masa pubertas ini sangat penting.Jika tidak di lindungi, dibina, diberi pendidikan, dan asupan agama, akhlak serta syariat maka yang timbul adalah mereka melampiaskan nafsu yang tumbuh pada saat masa pubertas secara bebas dan mereka tidak memperhatikan konsekuensi yang akan di terima. Secara garis besar materi pendidikan seks anak normal dan anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah sama. Akan tetapi secara khusus penyediaan materi dan pendekatan, metode, strategi, media dan model bimbingan untuk ABK harus disesuaikan pada kondisi fisik, mental, psikologi dan tingkat usia anak. MI Badrussalam dan MTs Wachid Hasyim adalah dua lembaga pendidikan yang bercirikan agama Islam sekaligus madrasah penyelenggara pendidikan inklusi di Surabaya. Pendidikan agama Islam di madrasah dengan program didalamnya yaitu pendidikan seks memiliki peran penting dalam menuntun dan mengarahkan mereka sehingga mereka tidak terkejut ketika mengalami perubahan biologis yang terjadi pada diri mereka dan dapat beradaptasi secara baik dengan sikap-sikap seksual di masa depan kehidupannya, seperti menstruasi, mimpi basah dan sebagainya serta agar mereka tidak memperoleh pemahaman yang keliru mengenai hal tersebut, terhindar dari sikap dan perilaku yang menyimpang dantindakan kekerasan atau pelecehan seksual dari orang laindan dapat memfilter terhadap budaya dan beraneka ragam pengaruh negatif yang bersifat a moral. Adapun fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana keadaan anak berkebutuhan khusus pada masa pubertas di MI Badrussalam dan MTs. Wachid Hasyim? 2) Bagaimana upaya yang dilakukan madrasah dalam melakukan pembinaan perilaku adaptif anak berkebutuhan khusus pada masa pubertas di MI Badrussalam dan MTs. Wachid Hasyim? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan,menjelaskan dan menganalisis tentang tentang: 1) Keadaan anak berkebutuhan khusus pada masa pubertas di MI Badrussalam dan MTs. Wachid Hasyim.2) Menjelaskan upaya yang dilakukan madrasah dalam melakukan pembinaan perilaku adaptif anak berkebutuhan khusus pada masa pubertas di MI Badrussalam dan MTs. Wachid Hasyim. Penelitian ini mengggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif deskritif. Sedangkan teknik penelitian yang digunakan meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) MI Badrussalam memiliki ABK usia yangmemasuki periode kanak-kanak kedua (usia 7-14) , yaitu dimana tanda tanda baligh (pubertas terjadi) dan MTs Wachid Hasyim memiliki ABK usia yang memasuki periode kanak-kanak kedua (usia 7-14) dan memasuki usia remaja; 2) MI Badrussalam dan MTs Wachid Hasyim berupaya menjalin komunikasi dan kemitraan dengan orang tua ABK. Di MI Badrussalam dilakukan melalui kegiatan sosialisasi program ABK dan Parenting, sedangkan di MTs Wachid Hasyim dilakukan melalui kegiatan sosialisasi program ABK dan laporan perkembangan siswa ABK; 3) MI. Badrussalam dan MTs. Wachid Hasyim telah melakukan adaptasi kurikulum, adaptasi pembelajaran dan adaptasi materi pelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus sesuai dengan jenis dan tingkat usia atau karakteristik peserta didik khususnya kelainan yang disandang, baik kelainan fisik, emosi, sosial dan intelektual.Kegiatan pembelajaran dalam seting inklusif berbeda, baik dalam strategi, kegiatan, media, maupun metode. model kurikulum yang digunakan MI. Badrussalam dan MTs. Wachid Hasyim adalah modifikasi beberapa kurikulum inklusi yang berorientasi pada kebutuhan dan karakteristik siswa berkebutuhan khusus yaitu model kurikulum DMSO (Duplikasi, Modifikasi, Subsitusi dan Omisi); 4) Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di MI Badrussalam dan MTs Wachid Hasyim menggunakan kurikulum 2013 yang memuat materi pembinaan masa pubertas yang disesuaikan dengan aspek usia, kondisi kematangan psikologi dan intelektualnya, dalam pembelajaran Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan tematik terpadu yaitu pendekatan dalam pembelajaran yang mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Sehingga pembinaan masa pubertas pada konten materi ini dapat diintegrasikan melalui pendekatan mata pelajaran yang memiliki keterkaitan isi materi dengan pembinaan masa pubertas; 5) Ekstrakurikuler PAI yang dilaksanakan di MI Badrussalam belum menyentuh dan bermuatan pembinaan perilaku adaptif anak berkebutuhan khusus dalam masa pubertas. Sedangkan ekstrakurikuler PAI yang dilaksanakan di MTs. Wachid Hasyim sudah menyentuh dan bermuatan pembinaan perilaku adaptif anak berkebutuhan khusus dalam masa pubertas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abady, Muchammad Rezamasrezaabady@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Perilaku
Psikologi Sosial
Keywords: Pembelajaran PAI; perilaku adaptif; anak berkebuthan khusus; masa pubertas
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 May 2018 04:29
Last Modified: 11 May 2018 04:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25024

Actions (login required)

View Item View Item