Analisis pesan dakwah dalam serial kartun ‘Upin & Ipin’ Episode Azam Puasa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahda, Nurani (2018) Analisis pesan dakwah dalam serial kartun ‘Upin & Ipin’ Episode Azam Puasa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurani Ahda_B01214008.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25039

Abstract

Sebuah kartun bernuansa Islami ‘Upin & Ipin’ ini memiliki alur cerita yang sangat erat dengan kehidupan sehari-hari. Dikemas dengan cerita yang ringan dan menarik, tokoh utama pada kartun ini adalah seorang anak kembar yang yatim piatu, mereka bersifat ramah dan juga baik hati. Ini sebabnya kartun ‘Upin & Ipin’ cukup menarik untuk diteliti sekarang ini, ditengah banyaknya siaran-siaran baik dari TV maupun internet yang hanya menyuguhkan kesenangan-kesenangan duniawi saja. Dalam peneletian ini penulis meneliti bagaimana pesan dakwah dalam serial kartun ‘Upin & Ipin’ Espisode Azam Puasa. Dengan menggunakan struktur analisis wacana milik Teun Van Dijk yaitu, struktur tematik, struktur skematik, dan struktur semantik. Kartun yang bernuansa islami seperti ini sangat bisa diandalkan, dari segi penampilannya yang menarik, sehingga mampu membuat para penontonnya betah untuk menyaksikan. Peneliti berharap, kartun seperti ini semakin banyak disajikan kepada khalayak, sehingga mampu menggeser tayangan-tayangan yang kurang akan pesan baik di TV dan internet. Dari hasil penelitian ini peneliti menemukan kesimpulan bagaimana cara yang baik dalam menyambut Bulan yang penuh barokah, yaitu dengan cara membersihkan surau secara gotong-royong untuk kepentingan sholat terawih berjama’ah untuk umat muslim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahda, Nuraniahda.nurani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Dakwah - Metode
Keywords: Pesan Dakwah; Kartun; Analisis Wacana
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 May 2018 07:10
Last Modified: 11 May 2018 07:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25039

Actions (login required)

View Item View Item