Analisis Murabahah Dan Maslahah Mursalah terhadap ketentuan diskon Pelunasan Dipercepat (Accelerated Repayment) di Masing-masing area/wilayah pada tingkat konsumen Repeat Order (RO): studi atas pembiayaan Murabahah di PT Smart Multi Finance

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahanany, Linda Wahyu (2018) Analisis Murabahah Dan Maslahah Mursalah terhadap ketentuan diskon Pelunasan Dipercepat (Accelerated Repayment) di Masing-masing area/wilayah pada tingkat konsumen Repeat Order (RO): studi atas pembiayaan Murabahah di PT Smart Multi Finance. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Linda Wahyu Mahanany_C72214043.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian ini, diperoleh informasi mengenai ketentuan diskon pelunasan dipercepat di PT Smart Multi Finance, yakni dengan akad mura<bah{ah dan mas{lah{ah mursalah. Dalam praktiknya akad mura<bah{ah di PT Smart Multi Finance tidak sesuai dengan Fatwa DSN-MUI mengenai potongan pelunasan dalam mura>bah}ah, dikarenakan pihak PT Smart Multi Finance menjanjikan potongan pelunasan di awal akad padahal itu bertentangan dengan Fatwa DSN-MUI No. 23/DSN-MUI/III/2002, sehingga akad mura>bah}ah tidak terlaksana dengan baik. Di samping itu diskon pelunasan dipercepat di PT Smart Multi Finance telah memberikan kemaslahatan terutama bagi nasabah dan PT Smart Multi Finance itu sendiri yaitu dengan cara memberikan potongan pelunasan dipercepat bagi nasabah yang melunasi sebelum jatuh tempo dan menanggulangi adanya kredit macet. Dengan adanya ketentuan diskon pelunasan dipercepat tersebut penulis menyimpulkan bahwa pembiayaan mura>bah}ah di PT Smart Multi Finance ditinjau dari fatwa DSN-MUI No. 23/DSN-MUI/III/2002 dalam hal ini kurang tepat. Dan jika ditinjau dari konsep mas{lah{ah mursalah ketentuan diskon pelunasan dipercepat di PT Smart Multi Finance telah sesuai dengan kriteria-kriteria mas{lah{ah mursalah. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada pihak PT Smart Multi Finance diharapkan dapat menerapkan sistem pembiayaan mura>bah}ah dengan sebenarnya sesuai ketentuan yang ada, seperti penggunaan akad yang harus jelas sesuai dengan Fatwa DSN-MUI agar tercapainya pembiayaan Mura>bah}ah yang sesuai dengan hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahanany, Linda Wahyulmahanany@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Murabahah
Keywords: Diskon Pelunasan Dipercepat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mahanany Linda Wahyu
Date Deposited: 15 May 2018 08:17
Last Modified: 15 May 2018 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25067

Actions (login required)

View Item View Item