Representasi Cinta Tanah Air dalam iklan Mixagrip Versi Keragaman Budaya: analisis semiotika Charles Sanders Peirce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningrum, Dwi (2018) Representasi Cinta Tanah Air dalam iklan Mixagrip Versi Keragaman Budaya: analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Ningrum_B76214031.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25075

Abstract

Dalam penelitian ini yang dikaji adalah bagaimana cinta tanah air direpresentasikan dalam iklan Mixagrip versi keragaman budaya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan representasi cinta tanah air melalui penciptaan tanda-tanda yang digunakan di dalam video iklan Mixagrip versi keragaman budaya. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, peneliti menggunakan metode penelitian analisis teks media dengan pendekatan kritis yang berguna memberikan fakta dan data kemudian data tersebut dianalisis dengan dasar pemikiran Charles Sanders Peirce. Selain itu, untuk menyimpulkan apa sebenarnya tujuan yang diinginkan produsen dalam menayangkan iklan ini juga akan dikorelasikan dengan teori representasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa dalam iklan ini terdapat keragaman budaya Indonesia yang ditampilkan pada iklan yang hanya dibatasi pada produk batik, tari saman dan pencak silat. Keharusan memilih Mixagrip sebagai obat yang dikonsumsi ketika batuk dan flu. PT Kalbe Farma mencoba menyederhanakan pikiran konsumen, bahwa hanya Mixagrip yang dapat menyembuhkan. Penelitian ini terbatas pada kajian semiotika terhadap tanda-tanda dan ada baiknya peneliti selanjutnya melakukan kajian lainnya seperti proses produksi iklan, manajemen iklan dan lain sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningrum, Dwidwi240396@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Iklan
Indonesia
Budaya
Keywords: Representasi; Cinta tanah air; Iklan; Keragaman budaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 May 2018 07:23
Last Modified: 14 May 2018 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25075

Actions (login required)

View Item View Item