Representasi kesabaran muslimah dalam iklan Sunsilk Clean And Fresh Versi Rity Tagor: analisis semiotika Charles Sanders Peirce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karunia, Evita Nanda (2018) Representasi kesabaran muslimah dalam iklan Sunsilk Clean And Fresh Versi Rity Tagor: analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Evita Nanda Karunia_B76214033.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25076

Abstract

Skripsi dengan judul “Representasi Kesabaran Muslimah Dalam Iklan Sunsilk Clean And Fresh Versi Rity Tagor (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)” adalah hasil penelitian analisis teks media. Terdapat fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini yaitu : bagaimana kesabaran muslimah direpresentasikan dalam iklan shampoo Sunsilk Clean and Fresh versi Risty Tagor. Untuk mengungkapkan masalah tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian analisis teks media dengan pendekatan kritis, yang berguna untuk memberikan fakta dan data kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan dasar pemikiran Charles Sanders Peirce, yang menganalisis secara tiga tahap yaitu tanda (sign), pengguna tanda (intrepetant), dan acuan tanda (object). Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa kesabaran muslimah dalam iklan Sunsilk Clean and Fresh direpresentasikan oleh pihak pengiklan yaitu PT. Unilever Indonesia Tbk., sebagai kerajinan seorang muslimah dalam berkeramas dengan shampoo Sunsilk Clean and Fresh. Kemudian pihak pengiklan menghadirkan simbolagama dalam iklan dengan mengeksploitasi seorang muslimah berhijab untuk mendukung metodenya dalam membuat iklan produk shampoo Sunsilk Clean and Fresh. Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa rekomendasi yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peneliti selanjutnya adalah melakukan kajian yang menekankan pada aspek komunikasi yang lain seperti penerimaan respon audience, produksi iklan, strategi pemasaran dan lain-lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karunia, Evita Nandaevita.nanda10@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Ikan
Keywords: Kesabaran Muslimah; Representasi Iklan; Semiotika Charles Sanders Peirce
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 May 2018 07:29
Last Modified: 14 May 2018 07:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25076

Actions (login required)

View Item View Item