Makna kalimah tayyibah dalam al-Qur’an: analisa teori penafsiran Wahbah Zuhaili dan al-Tabari atas surah Ibrahim ayat 24

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Fitriatul (2018) Makna kalimah tayyibah dalam al-Qur’an: analisa teori penafsiran Wahbah Zuhaili dan al-Tabari atas surah Ibrahim ayat 24. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fitriatul Laili_E03214005.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penulis memilih tema ini, karena dirasa menarik dan sangat penting untukdi lakukan penelitian secara ilmiah dalam lafadz kalimah tayyibah yang di artikan dengan multitafsir. untuk memecahkan perselisihan penafsiran, penulis melakukan perbandingan penafsiran antara al-Tabari dan Wahbah Zuhaili serta pendekatan penafsirannya masing-masing, guna menemukan substansi yang dimaksud oleh lafad kalimah tayyibah dalam surah Ibrahim ayat 24. Dalam hal ini mempersoalkan tentang teori penafsiran al-Tabari dan Wahbah Zuhaili dalam menafsirkan lafadz kalimah tayyibah serta keakurasian penerapan teori yang digunakan. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitianpustaka (library research) yaitu penelitian yang menitik beratkan pada literaturdengan cara menganalisis muatan isi dari literatur-literatur yang terkait denganpenelitian baik dari sumber data primer maupun skunder. Teori penafsiran yang digunakan dengan cara membanding antar Mufassir. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Al-Tabari menafsirkan kalimah tayyibah dalam ayat ini dengan iman yang mengacu kepada tindakan hati, dengan menggunakan fungsi sunnah sebagai pendekatannya. Teori yang sama dipakai Wahbah Zuhaili dalam menafsirkan lafadz tersebut, akan tetapi, redaksi yang dipakai berbeda dengan al-Tabari sehingga hasilnya juga berbeda. Dalam teori yang di gunakan oleh kedua mufassir sama-sama akurat,karena kedua mufassir sama-sama mengunakan alasan yang dasarnya jelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, Fitriatulfitridzakiyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Biografi > Biografi Islam
Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Kalimah tayyibah; penafsiran Wahbah Zuhaili dan al Tabrani; surat Ibrahim ayat 24
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 May 2018 04:03
Last Modified: 15 May 2018 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25104

Actions (login required)

View Item View Item