Pengaruh tingkat pembiayaan Murabahah dan Non Performing Financing terhadap Return on Asset pada UJKS–KSU Jabal Rahmah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kasmiati, Kasmiati (2018) Pengaruh tingkat pembiayaan Murabahah dan Non Performing Financing terhadap Return on Asset pada UJKS–KSU Jabal Rahmah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Kasmiati_G94214173.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25111

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kuantitatif dengan jenis peneliatan asosiatif.Penelitian ini untuk menjawab masalah apakah tingkat pembiayaan mura>bahah dan NPF berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap ROA, dan variabel manakah yang lebih mempengaruhi ROA. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, bibliographic research, dan wawancara dengan informan penelitian yaitu manajer dan kasie operasional UJKS–KSU Jabal Rahmah. Data dalam penelitian ini dihimpun melalui non probability sampling dengan penentuan sampel laporan keuangan yaitu sampel jenuh berjumlah 33 periode bulanan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah tingkat pembiayaan mura>bahah dan NPF berpengaruh terhadap ROA yang dibuktikan dengan hasil uji determinasi dengan hasil R-Square sebesar 0,662. Sedangkan hasil uji regresi linier berganda diperoleh persamaan Y=2,046X1+ 0,271X2 – 6,980 + e.Uji simultan menunjukkan semua variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 dan nilai Fhitung (29,367)>Ftabel (3,316). Uji Parsial menunjukkan tingkat pembiayaan mura>bahah berpengaruh signifikan terhadap ROA dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 dan thitung (4,986)>ttabel (2,042). NPF juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROA dengan nilai signifikansi 0,016<0,05 dan thitung (2,554)>ttabel (2,042). Berdasarkan hasil tersebut maka variabel tingkat pembiayaan mura>bahah memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap ROA. Berdasarkan uji SPSS menunjukkan bahwa tingkat pembiayaan mura>bahah dan non performing financing yang naik maka return on asset akan naik. Kenaikan NPF yang memiliki pengaruh positif terhadap ROA disinyalir karena UJKS-KSU Jabal Rahmah tidak hanya mendapatkan pendapatan dari hasil penyaluran pembiayaan mura>bahah saja tetapi dari pendapatan administrasi dan pelunasan dini. Penulis dapat memberikan saran bahwa pihak UJKS-KSU Jabal Rahmah lebih berhati–hati dalam melakukan analisis penyaluran pembiayaan mura>bahah terhadap anggota,calon anggota, koperasi lain dan atau anggotanya sehingga kenaikan non performing financing dapat ditekan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kasmiati, Kasmiatiiyan6340@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Keywords: Tingkat pembiayaan Murabahah; Non Performing Financing (NPF); Return on Asset (ROA)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 May 2018 06:42
Last Modified: 15 May 2018 06:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25111

Actions (login required)

View Item View Item