Makna al-bahr al-masjur dalam surah at-Tur ayat 6 menurut mufassir dan relevansinya dengan teori sains

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Milcha Qurrotul (2018) Makna al-bahr al-masjur dalam surah at-Tur ayat 6 menurut mufassir dan relevansinya dengan teori sains. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Milcha Qurrotul Aini_E93214096.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Alquran memang bukan buku sains, akan tetapi di dalamnya tidak sedikit ayat yang menjelaskan tentang ilmu pengetahuan, yang mana hal itu disebut dengan mukjizat ilmiah dalam Alquran. Salah satu ayat tentang mukjizat ilmiah Alquran yang sangat menarik dan perlu dikaji adalah makna al-bahr al-masjur dalam Surah at-Tur ayat 6 yang artinya “laut yang di dalam tanahnya ada api”. Secara kasat mata makna ini tidak dapat diterima oleh akal, karena dua zat tersebut sifatnya berlawanan tidak akan dapat disatukan, yang mana air sifatnya memadamkan api dan api sifatnya menguapkan air. Sehingga dalam penelitian ini penulis menggunakan metode library research(kepustakaan) yaitu dengan mengumpulkan kitab-kitab tafsir dan buku-buku sains yang berhubungan dengan penelitian ini kemudian dibahas secara rinci dengan memparalelkan keduanya. Data-data yang ditemukan adalah adanya perbedaan pendapat mufassir padamaknaal-bahr al-masjur. Dari perbedaan-perbedaan tersebut kemudian dikelompokkan menjadi beberapa bagian, bagian yang paling mendukung teori sains adalah yang diuraikan secara mendalam sedangkan bagian yang lain tetap diterima dalam konteksnya masing-masing. Karena memang penelitian ini adalah merelevansikan teori sains dengan makna al-bahr al-masjur. Teori yang relevan adalah tektonik lempeng, teori ini menjelaskan proses pergerakan lempeng saling menjauh yang menyebabkan magma panas di dalam kerak bumi memancar ke dasar laut dan memanaskan air laut. Magma tersebut tidak berkobar bagai api, akan tetapi hanya berupa asap hitam yang memanaskan air laut karena di dasar laut tidak ada oksigen. Magma yang terus menerus memancar ke dasar laut lama kelamaan akan mengeras karena bertemu dengan air dan memunculkan adanya mid ocean ridge (rangkaian gunung api di dasar laut).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Milcha Qurrotulmilchaqurrotul@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Kelautan
Al Qur'an
Tafsir
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Laut; al-masjur; tektonik lempeng
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 May 2018 09:01
Last Modified: 16 May 2018 04:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25117

Actions (login required)

View Item View Item