Peningkatan pemahaman materi Rangka Tubuh dengan menggunakan media Torso pada siswa Kelas IV di MINU Wedoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyu, Lupita (2018) Peningkatan pemahaman materi Rangka Tubuh dengan menggunakan media Torso pada siswa Kelas IV di MINU Wedoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Wahyu Lupita Sari_D77213106.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa serta lemahnya proses kegiatan belajar mengajar yang masih terpusat pada guru. kegiatan belajar mengajar yang selalu didominasi oleh guru akan berakibat pada rendahnya aktifitas belajar siswa di sekolah. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV MINU Wedoro Waru Sidoarjo. Sebagai upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan penggunaan media pembelajaran torso, media torso ini merupakan media 3 dimensi yang dapat merealisasikan bentuk tulang manusia secara nyata dan juga siswa akan lebih mudah memahami bentuk serta susunan rangka tubuh manusia. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana masing-masing siklus meliputi rangkaian kegiatan dengan dengan urutan perencanaan, tidakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan penggunaan media pembelajaran torso menunjukan adanya peningkatan. Hal ini dapat diketahui dari hasil observasi aktifitas guru pada siklus II yang mencapai skor 118 yang menunjukkan kategori sangat baik dari skor maksimal 128. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran tersebut berdampak pada meningkatnya pemahaman siswa dalam memahami sebuah materi. Hal ini dibuktikan dengan nilai yang dihasilkan siswa dengan prosentase ketuntasan belajar rata-rata yang di peroleh 77,59 pada siklus I dan 87,07 pada siklus II. Pembuktian juga dapat diketahui dari nilai yang dihasilkan siswa dalam mengerjakan LK tentang rangka tubuh manusia dengan prosentase ketuntasan belajar 62,5% pada siklus I dan 87,5% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyu, Lupitawahyulupita@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Media pembelajaran torso; Peningkatan pemahaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sari Wahyu Lupita
Date Deposited: 16 May 2018 04:27
Last Modified: 16 May 2018 04:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25126

Actions (login required)

View Item View Item