Peran Opinion Leader dalam sosialisasi KB (Keluarga Berencana) di Desa Mojopurogede Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Atho'illah, Atho'illah (2009) Peran Opinion Leader dalam sosialisasi KB (Keluarga Berencana) di Desa Mojopurogede Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Atho'illah_B06304026.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25140

Abstract

Latar belakang pemilihan judul pada penelitian ini adalah adanya realita di Desa Mojopurogede yang masih memilih opinion leder sebagai tempat rujukan dari setiap permasalahan mereka, itu terbukti ketika pemerintah mengadakan program KB (keluarga berencana) kurang mndapat respon dari masyarakat. Disini pemerintah memanfaatkan pengaruh opinion leader dalam mensosialisasikan kembali program KB di desa mojopurogede kecamatan bungah kabupaten Gresik. Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu : (I ). Bagaimanakah peran Opinion Leader di Desa Mojopurogede Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. (2) apa saja program KB yang akan di :sosialisasikan di Desa Mujopurogede Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui dan menggambarkan peran opinion leader dalam mensossialisasikan kembali program KB di di Desa Mojopurogede Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik dan memahami apa saja program KB yang akan disosialisasikan. Untuk mengungkap persoalan tersebut, dalam penelitian ini digunakanlah metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data observasi dan wawancara, dan analiss data pendapat pemliti serta dipadukan dengan teori two step flow yang ada dan semua ini digunakan untuk memberikan fakta dan data mengenai seberapa besar pengaruh opinion leader dalam soosialisasi KB. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) peran opinion leader sebagai penyambung lidah, pembawa informasi, sehingga sangat berpengaruh terhadap masyarakat yang tingkat pendidikannya lebih rendah, sehingga opinion leader disini diasumsikan menjadi orang yang sangat berpengaruh, baik dikarenakan tingkat pendidikannya lebih tinggi, dan juga ketokohannya. (2) Ada beberapa macam alat kontrasepsi dalam program KB yang disosialisasikan di Desa Mojopurogede Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik dan mendapat respon yang baik oleh masyarakat. Adapun program-program tersebut adalah; PIL Kondom, Spiral, IUD, Suntik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Atho'illah, Atho'illah--UNSPECIFIED
Subjects: Keluarga > Keluarga Berencana
Keywords: Opinion Leader; KB; Keluarga Berencana
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 May 2018 02:38
Last Modified: 17 May 2018 02:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25140

Actions (login required)

View Item View Item