Nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi Tahlilan di Desa Krembangan Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanik, Siti Umi (2011) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi Tahlilan di Desa Krembangan Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Umi Hanik_D01207185.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kematian merupakan satu peristiwa penting yang mengakhiri perjalanan hidup manusia. Peristiwa itu, berpisahnya jasad dengan ruh, dan berpisahnya seseorang dengan semua orang yang ia kasihi, demikian penting sehingga muncul penyikapan yang beragam terhadapnya. Di antara penyikapan tersebut adalah berkumpul-kumpul dan mengadakan jamuan makanan di rumah ahli mayit. Seiring dengan perkembangan, kini berkumpul-kumpul dan mengadakan jamuan makanan di rumah ahli mayit tersebut menjadi satu fenomena budaya dari proses akulturasi Islam dengan kebudayaan asli Indonesia, yaitu fenomena budaya tahlilan. Pada perkembangan berikutnya, budaya tahlilan ini sering menjadi bahan perdebatan yang cukup ramai antara kelompok islam tradisional yang dalam hal ini diwakili oleh Nahdlatul Ulama dengan kelompok islam reformis. Perdebatan tersebut juga tidak terlepas dari adanya hadis-hadis yang menjelaskan tentang larangan berkumpul- kumpul dan menjamu makanan di rumah ahli mayit pada peristiwa kematian dan hadis-hadis yang membolehkan berkumpul-kumpul dan menjamu makanan di rumah ahli mayit pada peristiwa kematian yang dijadikan dalil dalam menyikapi fenomena budaya tersebut. Bahwasanyya apabila kita cermati secara mendalam banyak nilai- nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam pelaksanaan tradisi Tahlilan tersebut. Terdapat dua rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu : Pertama, bagaimana penyelenggaraan ritual tahlilan dalam tradisi selametan di Desa Krembangan Kec. Taman Kab. Sidoarjo ? Kedua, bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam yang ada dalam pelaksanaan tradisi tahlilan di Desa Krembangan Kec. Taman Kab. Sidoarjo? Berkaitan dengan kedua rumusan masalah tersebut, penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian deskriptif kualitatif, yang menggunakan jenis penelitian sebuah kasus. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan, fakta-fakta mengenai nilai-nilai pendidikan Islam yang ada dalam pelaksanaan tradisi tahlilan di Desa Krembangan Kec. Taman Kab. Sidoarjo sesuai permasalahan yang diteliti. Dalam penelitian ini, menggunakan metode observasi, interview (wawancara), serta dokumentasi sebagai data-data dalam menunjang penelitian skripsi ini. Analisis data pertama yang peneliti lakukan adalah membaca sekaligus mengkaji secara mutlak dan mendalam apakah memang ada nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi Tahlilan dan sekaligus usaha untuk mengetahui bentuk nilai-nilai pendidikan Islam dalam Tradisi Tahlilan tersebut. Langkah yang kedua menafsirkan data dan disesuaikan dengan teori, dan langkah yang ketiga adalah menyimpulkan seluruh dari hasil penelitian. Yang menjadi obyek penelitian skripsi ini ialah masyarakat Desa Krembangan Kec. Taman Kab. Sidoarjo. Melalui teknik analisis data tersebut maka dapat diketahui bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi Tahlilan, diantaranya yaitu nilai shodaqoh/sedekah, nilai tolong-menolong, nilai solidaritas, nilai kerukunan, nilai silaturrahim sebagai ukhuwah Islamiyyah, nilai keutamaan Dzikrulmaut (mengingat kematian), nilai Dzikrullah (mengingat Allah), unsur dakwah, dan nilai kesehatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanik, Siti Umi--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Tradisi Islam
Keywords: Nilai pendidikan Islam; tradisi tahlilan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 May 2018 07:09
Last Modified: 27 Sep 2018 02:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25145

Actions (login required)

View Item View Item