Pengaruh metode An Nahdliyyah terhadap hasil pembelajaran al Quran di Taman Pendidikan Al Quran Al Fithrah Kedinding Lor Kenjeran Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosidi, Rosidi (2011) Pengaruh metode An Nahdliyyah terhadap hasil pembelajaran al Quran di Taman Pendidikan Al Quran Al Fithrah Kedinding Lor Kenjeran Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rosidi_D54207003.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25163

Abstract

Latar belakang penulis mengangkat pembahasan ini adalah untuk mengetahui sampai scjauh mana Mctode An-Nahdliyyah berpengaruh terhadap hasil pembclajaran A1-Quran, untuk kemudian dapat kiranya dijadikan motivator dalam meningkatkan himmah para ustadz dalam mengajar dan para santri dalam bclajar Al-Quran. Untuk mengctahui bcbcrapa pcrmasalahan yang tcrdapat dalam pcnelitian, maka dirumuskan beberapa permasalahan, yaitu: Bagaimana pelaksanaan Metode An­Nahdliyah di Taman Pendidikan Al-Quran Al Fithrah Kedinding Lor Kenjeran Surabaya, bagaimanakah hasil belajar santri di Taman Pendidikan Al-Qur'an Al Fithrah Kedinding Lor Kenjeran Surabaya, dan adakah pengaruh Metodc An­Nahdliyyah berpengaruh terhadap hasil pembeljaran Al-Quran di Taman Pendidikan Al-Qur'an Al Fithrah Kedinding Lor Kenjeran Surabaya ? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam pcnelitian ini adalah metode dokumentasi, observasi, test dan interview. Dan untuk menganalisa data adalah dengan Statistik Parametic yaitu dengan menggunakan Uji t (sample paired t­test). Bahwa hasil pembelajaran Al-Quran dengan mcnggunakan metodc An Nahdliyah dapat dikatagorikan baik, hal ini terbukti dengan mengumpulkan hasil pre tes dan post tes, yaitu 356 dan 372. Pre test diberikan sebelum ustadz menggunakan metode An Nahdliyyah, sedangkan post test diberikan setelah ustadz menggunakan metode An-Nahdliyyah. Dan untuk mengetahui pengaruh metode An-Nahdliyyah terhadap hasil belajar santri menunjukkan pengaruh yang nyata. hal ini dilihat dari perhitungan dengan menggunakan uji t dengan hasil 3,02 > 1.99 yaitu Ho ditolak dan Ha ditcrima. Yang berarti tcrdapat pengaruh pelaksanaan metode An-Nahdliyah terhadap hasil pembelajaran Al Quran bagi santri Taman Pendidikan Al Quran AI Fithrah Kedinding Lor Kenjcran Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosidi, Rosidi--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode An Nahdliyyah; pembelajaran al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 May 2018 04:00
Last Modified: 18 May 2018 04:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25163

Actions (login required)

View Item View Item