Hubungan penyesuaian sosial dengan kecenderungan kesepian pada remaja di Panti Asuhan Diponegoro Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zumaroh, Mas'atin (2009) Hubungan penyesuaian sosial dengan kecenderungan kesepian pada remaja di Panti Asuhan Diponegoro Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mas'atin Zumaroh_B07205022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan secara empiris antara penyesuaian sosial dengan kecenderungan kesepian pada remaja di Panti Asuhan Diponegoro Surabaya. Penyesuaian sosial adalah keberhasilan seseorang untuk menyesuaikan diri terhadap orang lain pada umumnya dan terhadap kelompok pada khususnya. Sedangkan kecenderungan kesepian adalah suatu keadaan mental dan emosional yang terutama dicirikan oleh adanya perasaan-perasaan terasing dan kurangnya hubungan yang bennakna dengan orang lain serta perasaan kurang memiliki hubungan sosial yang diakibatkan ketidakpuasan dengan hubungan sosial yang ada. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis kolerasional. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalag remaja yang tinggal di Panti Asuhan Diponegoro Surabaya. Untuk mengambil sampel penelitian digunakan teknik purposive, sehingga didapatkan 60 subyek yang cukup memenuhi syarat dan sesuai dengan tujuan dari penelitian ini. Subyek inilah yang diminta untuk mengisi skala psikologi tentang hubungan penyesuaian sosial dengan kecenderungan kesepian pada remaja di Panti Asuhan Diponegoro Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan teknik product moment. Hasil penelitian ini diperoleh hasil harga koefisien kolerasi sebesar -0,246 dengan harga P = 0,058, menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikansi antara penyesuaian sosial dengan kecenderungan kesepian pada remaja di Panti Asuhan Diponegoro Surabaya. Tidak ada hubungan sebelum uji kolerasi penelitian ini harus terlebih dahulu melalui proses uji nonnalitas sebaran dan linieritas sebaran dengan menggunakan SPSS (Statistical Package for social) versi 11.00 for windows.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zumaroh, Mas'atinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Remaja
Keywords: Penyesuaian sosial; Kesepian pada remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 May 2018 07:45
Last Modified: 18 May 2018 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25167

Actions (login required)

View Item View Item