إعداد كتاب اللغة العربية الميسرة لتدريس ترجمة القرآن: بحث تطويري في المؤسسة بيت الجنة مركز التربية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adzim, Zahro (2016) إعداد كتاب اللغة العربية الميسرة لتدريس ترجمة القرآن: بحث تطويري في المؤسسة بيت الجنة مركز التربية سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Zahra Adzim_F06214095.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran terjemah Al-Qur'an di BJEC surabaya adalah metode pembelajaran menterjemah ayat al-qur’an di setip lafadznya. Tujuan pembelajaran ini untuk memahami Al-Quran. Namun, dalam pembelajarannya tidak disertai dengan pembelajaran bahasa arab, pembahasan ini fokus pada pengembangan materi ajar terjemah al-qur’an dengan disertai pembelajaran bahasa arab yang mudah dipahami bagi mereka yang belum belajar bahasa arab. Dengan latar belakang itulah peneliti mengajukan rumusan masalah: (1) bagaimana cara mendesain bahan ajar bahasa arab yang mudah dipahami dalam pembelajaran terjemah al-qur’an untuk siswi BJEC surabaya ?, (2) bagaimana praktek bahan ajar bahasa arab yang mudah dipahami dalam pembelajaran terjemah al-qur’an untuk siswi BJEC surabaya ? (3) Sejauh mana efektifitas bahan ajar bahasa arab yang mudah dipahami dalam pembelajaran terjemah al-qur’an untuk siswi BJEC surabaya? Adapun tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mengetahui bagaimana desain buku ajar yang dikembangkan, bagaimana paktek uji coba di lapangan, dan sejauhmana efektifitas buku ajar bahasa arab yang dikembangkan untuk pembelajaran terjemah al-Qur’an terhadap siswa BJEC di surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menjelaskan karakteristik pengembangan materi ajar untuk pembelajaran terjemah al-qur’an. Dan penelitian ini juga menggunakan pendekatan kuantitatif, untuk mengetahui efektifitas materi ajar yang dikembangkan. dan adapun populasi dan sampelnya adalah kelas terjemah al Qur’an I’dadi A dan I’idadi B yang berjumlah 30 santri, dan instrumen pengumpulan datanya berupa observasi, interview, dan tes. Berikut adalah hasil penelitiannya: (1) peneliti mengembangkan buku ajar untuk pembelajaran terjemah al-qur’an dengan pembelajaran bahasa arab yang mudah dipahami. (2) Sumbangan baru dari penelitian ini adalah, buku yang memuat materi pembelajaran Qowaid al Nahwiyah yang mudah dipahami bagi mereka yang belum pernah belajar bahasa arab (3) materi ajar yang dikembangkan memiliki efektifitas. Terbukti dari nilai to lebih besar dari tt, dan terdapat perbedaan nilai rata-rata dari kelas uji coba dan kelas kontrol dari buku ajar yang dikembangkan, nilai kelas control lebih besar dari kelas uji coba (2.145<-6.149). Dengan demikian, materi ajar yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan pembelajaran terjemah al-qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adzim, Zahrozahraadzim12@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keywords: Terjemah al Qur’an; pengembangan materi ajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Adzim Zahro
Date Deposited: 28 May 2018 06:32
Last Modified: 28 May 2018 06:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25180

Actions (login required)

View Item View Item