Peran Majelis Ta'lim Lailatul Ijtima dalam mengembangkan Pendidikan Agama Islam di Desa Ngrowo Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofik, Ainur (2011) Peran Majelis Ta'lim Lailatul Ijtima dalam mengembangkan Pendidikan Agama Islam di Desa Ngrowo Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainur Rofik_D31207043.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25181

Abstract

Majelis ta’lim merupakan salah satu pendidikan non formal Islam yang memiliki kurikulum tersendiri, diselenggarakan secara berkala dan teratur, dan diikuti olehjama,ah yang relatif banyak, bertujuan untuk membina dan mengembangkan hubungan yang santun dan serasi antara manusia dengan Allah SWT, antara manusia dengan sesamanya, serta antara manusia dengan lingkungannya, dalam rangka membina masyarakat yang bertaqwa kepada Allah SWT. Kegiatan yang dinamakan majlis ta,lim lailatul ijtima' ini bertujuan mengembangkan pendidikan agama bagi warga di desa ngrowo kecarnatan bangsal kabupaten mojokerto yang selama ini masih minim akan pengetahuan agamanya Dipimpin oleh pengurus majlis ta,lim antara lain Ustadz Wasiludin dan ustadz Nur fauzi. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap satu bulan sekali di minggu ke 3. Diantaranya melalui : Ibadah Praktis tahlilahan clan yasinan, melaJui, diskusi keagamaan, kegiatan berzanji (dhiba'an). Berdasarkan pernyataan diatas, penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian ini. Dalam hal ini rumusan masalahnya adalah sebagai berikut : l). Bagaimana pemahaman Pendidikan Agama Islam warga desa ngrowo kecamatan bangsal ?, 2). Kegiatan apa saja yang dilaksanakan daJam Majelis Ta'Jim Lailatul Ijtima' dalam rangka pengembangan Pendidikan Agama Islam warga desa Ngrowo ?, 3). Bagaimana peran majelis ta’lim lailatul ijtima' dalam mengembangkan Pendidikan Agama Islam di desa ngrowo. Penulis Menggunakan pendekatan teoritis yang disajikan dalam bab pertama dan kedua, yang masing-masing membahas pendahuluan dan tinjauan teoritis, sedangkan dalam analisa data ada dalam bah empat. Dalam pemabahasan ini penulis mengganakan metode interviuw, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa peran Majelis Ta'lim Lailatul Ijtima' dalam mengembangkan Pendidikan Agama Islam di desa Ngrowo kecamatan Bangsal antara Iain; keterlibatan masyarakat secara Iangsung dalam proses mengembangkan pendidikan agama Islam yang diselenggarakan., adanya program pendidikan yang dilaksanakan secara berkelanjutan, melibatkan semua unsur pengurus majlis ta'lim dan masyarakat sekitar untuk turut serta dalam mengembangkan pendidikan agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofik, Ainur--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Majelis Ta'lim Lailatul Ijtima; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 May 2018 07:49
Last Modified: 22 May 2018 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25181

Actions (login required)

View Item View Item