Pola-pola pendidikan kemandirian pada anak Taman Kanak-kanak di PG-TK Al-Zaitun Rewwin Waru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masfufah, Dewi (2010) Pola-pola pendidikan kemandirian pada anak Taman Kanak-kanak di PG-TK Al-Zaitun Rewwin Waru. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dewi Masfufah_B07206075.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah unruk mengetahui pola pendidikan kemandirian yag diterapkan di PG-TK Al-Zaitun yang merupakan salah satu sekolah PG-TK di daerah Waru dan anak didik lulusan Al-Zaitun hampir rata-rata diterima di SDN favorit daerah Waru.mPenelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Variabel penelitian ini adalah pola-pola pendidikan TK dan kemandirian Subyek penelitian ditentukan berdasarkan kriteria tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi, analisis data dilakukan dalam bentuk "Pembuatan Penjelasan". Hasil analisis data menunjukkan bahwa PG-TK Al-Zaitun memberikan pola pendidikan yang berkualitas dengan konsep dasar pembinaan pertumbuhan anak secara intergrative dan holistic yang mencakup aspek pelayanan pendidikan, kesehatan/gizi dengan memberdayakan potensi dasar anak berupa "Multiple Intelegensi" yang meliputi matematik-logis, interpersonal, intra personal, bahasa, kinestetik, musical, naturalis dan eksistensial, sehingga anak mampu mencapai tugas perkembangan sesuai usia perkembangan anak. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pola pendidikan perilaku yang diterapkan dibenruk melalui pembiasaan merupakan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dan ada dalam kehidupan sehari-hari anak sehingga menjadi kebiasaan yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masfufah, DewiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi > Psikologi Anak
Keywords: Pola-pola Pendidikan Anak TK; Kemandirian
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 May 2018 02:28
Last Modified: 23 May 2018 02:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25183

Actions (login required)

View Item View Item