Pelaksanaan itsbat nikah sebelum dan sesudah KMA/032/SK/IV/2006 tentang pemberlakuan buku II pedoman pelaksanaan tugas dan administrasi pengadilan di Pengadilan Agama Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suraiya, Ratna (2009) Pelaksanaan itsbat nikah sebelum dan sesudah KMA/032/SK/IV/2006 tentang pemberlakuan buku II pedoman pelaksanaan tugas dan administrasi pengadilan di Pengadilan Agama Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ratna Suraiya_C01205032.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana prosedur dan putusan itsbat nikah di Pengadilan dan mengetahui analisis hukum Islamnya terhadap putusan itsbat nikah di Pengadilan Agama Jombang sebelum dan sesudah KMA/032/SK/IV/2006. Dalam penelitian ini data yang diperlukan diperoleh melalui wawancara dan studi dokumenter kemudian di analisa dengan menggunakan metode deskriptif analitis yaitu dengan menggambarkan atau menjelaskan segala sesuatu yang berhubungan dengan obyek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur itsbat nikah sangat jauh berbeda sehingga didapatkan kesimpulan lima poin yang membedakan prosedur dan putusan istbat nikah di Pengadilan Agama Jombnag sebelum dan sesudah pelaksanaan KMA/032/SK/IV/2006. Pertama, permohonan diajukan dengan surat permohonan, kedua, perkara istbat nikah bersifat voluntair, didalamnya tidak terdapat sengketa, pihak-pihak hanya ada pemohon saja. Ketiga, dimasukkan register perkara dalam buku induk perkara permohonan yaitu yaitu Pdt.P. Keempat, sidang dilaksanakan sesudah PHS sekitar 3 minggu pasca daftar tidak perlu diumumkan, dan kelima, produknya berupa penetapan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suraiya, RatnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Nikah
Keywords: Itsbat nikah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 May 2018 07:59
Last Modified: 24 May 2018 07:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25204

Actions (login required)

View Item View Item