Peran orang tua dalam memotivasi siswa untuk melanjutkan sekolah ke Sekolah Menengah Pertama Darul Muta’allimin Sorpa Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hosimah, Hosimah (2011) Peran orang tua dalam memotivasi siswa untuk melanjutkan sekolah ke Sekolah Menengah Pertama Darul Muta’allimin Sorpa Bangkalan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hosimah_D03206026.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

SMP Darul Muta'allimin adalah sekolah yang baru berdiri pada tahun 2009 dan merupakan SMP yang pertama di desa Sorpa. Untuk menarik perhatian masyarakat di desa Sorpa, Kepala Sekolah tidak meminta biaya apapun kepada orang tua yang akan mendaftarkan anaknya untuk sekolah di SMP Darul Muta'allimin. Jadi untuk orang tua yang ak.an mendaftarkan anaknya hanya cukup menyerahkan foto dan foto copy ijazah saja tidak ada pembayaran apapun. Bahkan Kepala Sekolah juga akan memberikan seragam putih biru dan pramuka secara cuma-cuma kepada siswa yang akan sekolah di SMP Darul Muta'allimin, selain itu setiap bulan juga tidak ada pembayaran apapun. Daftar ulang untuk siswa yang naik kelas VIII juga tidak ada. Pada tahun ajaran baru siswa jumlah siswa sebanyak 40 siswa, kemudian seiring berjalannya waktu jumlah siswa terus berkurang dan pada akhir tahun ajaran jumlah siswa yang tersisa hanya 25 siswa. Menurut Kepala Sekolah, siswa yang tidak. Sekolah tersebut ada yang bekerja dan ada yang diam dirumah. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang peran orang tua dalam memotivasi siswa untuk melanjutkan sekolah ke Sekolah Menengah Pertama Darul Muta'allimin Sorpa Kec. Galis Kab. Bangkalan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi sebagai cara untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian. Setelah semua data terkumpul, peneliti menggunakan rumus persentase untuk mendeskripsikan keadaan di lapangan dan juga untuk menjawab pertanyaan tentang peran orang tua dalam memotivasi siswa untuk melanjutkan sekolah ke Sekolah Menengah Pertama Darul Muta' allimin Sorpa Kec. Galis Kab. Bangkalan. Dari basil penelitian di SMP Darul Muta'allimin dapat dikatakan bahwa para orang tua dalam memotivasi siswa untuk melanjutkan sekolah tergolong baik, namun untuk siswa SMP Darul Muta'allimin motivasi mereka untuk sekolah ke SMP tergolong cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hosimah, HosimahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Lanjutan
Orang tua dan Anak
Keywords: Peran orang tua; motivasi siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 May 2018 07:53
Last Modified: 24 May 2018 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25206

Actions (login required)

View Item View Item