Tradisi Ijazah kajian hadis di Pesantren Ma’hadul ‘Ilmi Asy Syar’ie Sarang: studi metode periwayatan hadis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Satibi, Satibi (2010) Tradisi Ijazah kajian hadis di Pesantren Ma’hadul ‘Ilmi Asy Syar’ie Sarang: studi metode periwayatan hadis. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Satibi_E63207004.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25210

Abstract

Dalam tradisi pesantren dikenal sistem pemberian ijazah atau sanad yang berbentuk pencantuman nama dalam suatu daftar rantai transmisi (Chains of Transmission) pengetahuan yang dikeluarkan oleh gurunya terhadap muridnya yang telah menyelesaikan pelajarannya dengan baik tentang suatu buku tertentu sehingga si murid tersebut dianggap menguasai dan bisa mengajarkannya kepada orang lain. Ijazah kajian Hadis ini pernah dialami pada kajian kitab Shahihain di Pesantren MIS (Ma'hadul 'Ilmi Asy Syar'ie) Sarang yang terletak di kawasan pesisir utara sebelah timur kabupaten Rembang Jawa Tengah. Ketika selesai pembacaan kitab Hadis (khatam), maka pada waktu yang ditentukan, Kyai mem­ berikan serta membacakan sanad yaitu catatan berisi silsilah guru-guruya sampai pada pengarang kitab (Mushannif) dan metode (thariqah) penerimaan Hadis­ Hadis dalam kitab tersebut. Kemudian Kyai meng-ijazah-kannya dengan per­ kataan, "ajaztukum hiidza al-kitab kama ajazani bihi Syaikhr'. Sementara para santri menerima ijazah itu dengan ucapan "qabiltu". Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) Apa metode kajian Hadis yang diterapkan di Pesantren MIS? 2) Bagaimana implementasi ijazah dalam kajian Hadis di Pesantren MIS? 3) Bagaimana perspektif keilmuan dalam periwayatan Hadis? Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian yang bersifat lapangan field research) dengan model kualitatif ini menggunakan metode deskriptif dan eksplanatori, dengan maksud untuk mendapatkan data tentang aspek-aspek yang melatarbelakangi penggunaan metode tertentu dan implementasi metode ijazah dalam kajian Hadis dengan merujuk serta menelusuri secara langsung pada Pengasuh Pesantren MIS dan tulisan Sanad Pengasuh Pesantren MIS sebagai praktisi tradisi ijazah. Kemudian menganalisis data tersebut untuk mengembang­ kan teori-teori periwayatan Hadis. Sesuai dengan masalah tersebut, data primer adalah data yang berasal dari ucapan ataupun perilaku dari informan yang mempunyai kaitan dengan tradisi ijazah kajian Hadis di Pesantren MIS Sarang. Sedangkan data sekunder berasal dari beberapa kitab 'Ulum al-Hadits, dan beberapa buku tentang pesantren yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Kajian Hadis di Pesantren MIS Sarang menerapkan metode kolaboratif sama'an wa ijazatan. Ijazah dalam kajian Hadis di Pesantren MIS Sarang diberikan secara langsung oleh Kyai setelah khatamnya kitab Hadis yang telah diajarkan sebelum pemberian ijazah agar para santri yang menerima ijazah tersebut mengerti akan materi yang diijazahkan dan memperkuat pengajaran kitab Hadis secara sama'. Dari perspektif keilmuan dalam periwayatan Hadis, berdasarkan proporsi metode kolaboratif lainnya, maka metode kolaboratif sama'an wa ijazatan yang diterapkan di Pesantren MIS Sarang lebih kuat daripada metode sama' murni, lebih-lebih daripada metode ijazah murni. Karena adanya kolaborasi dua metode itu sama sekali tidak mengurangi reliabilitas talaqqi antara guru dan murid dalam pengajaran dengan metode sama' , justru kolaborasi tersebut bisa saling me­ lengkapi serta memperkuat antara metode sama' dan metode ijazah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Satibi, Satibi--UNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Keywords: Ijazah; periwayatan hadis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 May 2018 04:03
Last Modified: 25 May 2018 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25210

Actions (login required)

View Item View Item