Implementasi International Standard Organization (lSO) 9001:2000 dalam meningkatkan kinerja guru di SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Yuyun Rohrnatul (2010) Implementasi International Standard Organization (lSO) 9001:2000 dalam meningkatkan kinerja guru di SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Yuyun Rohmatul Ummah_D03206034.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Usaha peningkatan mutu pendididkan melalui pendekatan pemberdayaan sekolah dalam mengelolah institusinya, Depdiknas telah lama melakukanya. Dalam era otonomi daerah yang secara emplisit dinyatakan dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 1999, dan diberlakukan secara efektifmulai tanggal 1januari 2001, muncul pemberdayaan sekolah melalui Manajemen Berbasis Sekolah (School Based Management) disingkat MBS. Dengan menggunakan model manajemen berbasis sekolah ini, sekolah lebih mandiri, lebih profesional, dapat menyusun dan menentukan strategi penyelenggaraan program sekolah, dan mampu menentukan arab pembangunan pendidikan di sekolah yang sesuai dengan tuntutan masyarakat. Dalam meningkatkan kinerja guru ISO Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000, yaitu salah satu model manajemen yang fokus kepada orang yang bertujuan untuk meningaktkan secarar berkelanjutan kepuasan pelanggan pada biaya sesungguhnya yang secara berkelanjutan terns menerus menurun. Dan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 merupakan salah satu alternatif yang harus diterapkan dalam lembaga pendidikan. Dengan manajemen tersebut diharapkan efektivitas sekolah akan dapat terwujud secara sempurna. Penelitian dalam skripsi ini dilakukan untuk mengkaji Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Muhammadiyah 2 Pucang Surabaya dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di lembaganya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode interview, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif non statistik dengan analisis des ptif sebagai penyajian datanya. Dari hasil analisis dibuktikan bahwa sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 yang diterapkan di ISO Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya berjalan dengan baik. Dan kinerja guru di SO Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya meningkat dengan bukti meningkatnya lulusan dan beberapa prestasi peserta didik baik ditingkat Nasional maupun Internasional. Hal ini di dukung dengan indikator : Kepemimpinan yang kuat, efektifitas proses pembelajaran, pengelolaan tenaga kependidikan yang efektif, memiliki team work yang kompak, cerdas dan dinamis, Partisipasi warga sekolah dan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Yuyun RohrnatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Organisasi Masyarakat
Keywords: Implementasi International Standard Organization; kinetja guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 May 2018 07:23
Last Modified: 25 May 2018 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25211

Actions (login required)

View Item View Item