Efektifitas kepala madrasah dalam menyiasati keterbatasan sumber belajar di MI Bina Bangsa Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulaiman, Moch. (2011) Efektifitas kepala madrasah dalam menyiasati keterbatasan sumber belajar di MI Bina Bangsa Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch Sulaiman_D03206075.pdf

Download (837kB)

Abstract

Banyak sekolah yang ada di Indonesia memiliki keterbatasan untuk selalu memenuhi sumber belajar yang sesuai dengan perkembangan (up to date). Optimalisasi hasil belajar ini dapat dilihat tidak hanya dari hasil belajar saja, namun juga dilihat dari proses pembelajaran yang berupa interaksi siswa dengan berbagai sumber belajar yang dapat memberikan rangsangan untuk belajar dan mempercepat pemahaman dan penguasaan bidang ilmu yang dipelajari. Keterbatasan sumber belajar di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia ini perlu disikapi dengan baik. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang tersedia di sekitar lingkungan belajar yang berfungsi untuk membantu optimalisasi hasil belajar. Skripsi ini adalah hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menjawab pertanyaan: bagaimana keadaan sumber belajar di MI Bina Bangsa Surabaya, faktor-faktor apakah yang menyebabkan keterbatasan sumber belajar di MI Bina Bangsa Surabaya dan bagaimana efektivitas Kepala Madrasah dalam menyiasati keterbatasan sumber belajar di MI Bina Bangsa Surabaya? Data penelitian dihimpun melalui metode pengumpulan data (interview, observasi dan dokumentasi serta menentukan instrumen yang sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti dan selanjutnya dianalisa dengan analisis selama pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keadaan sumber belajar di MI Bina Bangsa Surabaya adalah terbatas. Faktor-faktor yang menyebabkan keterbatasan sumber belajar di MI Bina Bangsa Surabaya antara lain: perencanaan kurang terintegratif dan kurang partisipatif, kurang optimalnya peran hubungan masyarakat, minimnya dana, kompetensi guru dan jenjang pendidikan guru, serta kelompok kerja guru (KKG) kurang jalan. Efektivitas Kepala Madrasah dalam menyiasati keterbatasan sumber belajar di MI Bina Bangsa Surabaya antara lain: menumbuhkan kesadaran guru dalam penanganan siswa, mendayagunakan sumber belajar yang ada, meningkatkan kinerja sumber daya manusia, dan pembelajaran di luar kelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulaiman, Moch.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Pendidikan > Sumber Belajar
Keywords: Kepala madrasah; keterbatasan sumber belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 May 2018 03:57
Last Modified: 28 May 2018 03:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25221

Actions (login required)

View Item View Item