Analisis hukum pidana Islam terhadap pembunuhan dan penganiayaan luka berat berencana: studi direktori putusan nomor 625/pid.b/2014/Pn.Btm

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Ghalib Oktawa (2018) Analisis hukum pidana Islam terhadap pembunuhan dan penganiayaan luka berat berencana: studi direktori putusan nomor 625/pid.b/2014/Pn.Btm. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ghalib Oktawa Putra_C03213021.pdf

Download (3MB)

Abstract

penelitian ini menjawab tentang 1) Dasar Pertimbangan Hakim Pengadilan Negeri Batam dalam Putusan Nomer 625/Pid.b/2014/ Pn.Btm tentang tindak Pidana Pembunuhan dan Penganiayaan luka berat berencana. 2) Analisis Hukum Pidana Islam terhadap Pertimbangan Hakim dalam Putusan Nomer 625/pid.b/ 2014/pn.Btm. tentang tindak Pidana Pembunuhan dan Penganiayaan luka berat berencana. dalam penelitian ini dikumpulkan dengan berkas-berkas dokumen dan bahan pustaka. Setelah semua data terkumpul, diolah beberapa tahap editing, organizing, dan analisizing. Lalu dianalisis dengan metode deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pertimbangan Hakim terhadap putusan Nomor 625/Pid.b/2014/ Pn.Btm tentang tindak Pidana Pembunuhan dan Penganiayaan luka berat berencana dengan menjatuhkan pidana penjara 17 tahun. Hal ini dalam pandangan hukum pidana islam termasuk jinayah dengan hukuman Qishash. menurut hukum Pidana Islam, Apabila korban atau keluarga korban (ahli waris) memaafkan, maka terdakwa harus membayar diyat (ganti rugi), dalam hal ini berlaku hukuman’ yaitu ganti rugi yang besarnya diserahkan kepada keputusan hakim. dan dapat pemaafan dari korban atau keluarga korban (ahli waris). Penerapan hukuman pada tindak pidana pembunuhan dan penganiayaan luka berat berencana pada putusan Pengadilan Negeri Batam dirasa sesuai, jika diterapkan dalam Hukum Pidana Islam, merupakan hukuman yang adil.Kepada pihak aparat penegak hukum, terutama para hakim supaya memberikan hukuman yang seadil-adilnya dan memberikan efek jera, Karena bukan tidak mungkin pelaku akan melakukan kejahatan yang sama dikemudian hari dan memberikan peringatan bagi yang lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Ghalib Oktawaghaliboktawa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: Pembunuhan; penganiayaan luka berat berencana
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Putra Ghalib Oktawa
Date Deposited: 28 May 2018 07:54
Last Modified: 28 May 2018 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25224

Actions (login required)

View Item View Item