Implementasi Undang-Undang Nomor 38 tahun 1999 tentang pengelolaan zakat oleh BAZ (Badan Amil Zakat) di Kabupaten Ngawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspitasari, Apriwinda Intan (2010) Implementasi Undang-Undang Nomor 38 tahun 1999 tentang pengelolaan zakat oleh BAZ (Badan Amil Zakat) di Kabupaten Ngawi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Apriwinda Intan Puspitasari_C01206107.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang: 1. bagaimana pengelolaan zakat oleh pengelola BAZ di Kabupaten Ngawi? 2. Bagaimana analisis undang-undang Nomor 38 Tahun 1999 tentang pengelolaan zakat terhadap pengelolaan zakat oleh BAZ Kabupaten Ngawi? Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan pola pikir induktif. Dari hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa pengumpulan zakat dilakukan dengan cara membentuk UPZ (Unit Pengumpulan Zakat) yang berada di masing-masing instansi/kantor/dinas, deda dan kecamatan di seluruh Kabupaten Ngawi. Sedangkan pendistribusian zakat dilakukan dengan dua cara yaitu konsumtif dan produktif. BAZ Kabupaten Ngawi dalam tugasnya belum mampu mengimplemetasikan UU No. 38 Tahun 1999 Tentang pengelolaan zakat dengan baik mulai dari pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat yang kurang maksimal. Dan dilihat dari kepengurusan, masing- masing pengurus mempunyai posisi penting dalam pekerjaan utama mereka menjadikan BAZsebagai tempat kerja nomor dua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspitasari, Apriwinda IntanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Zakat
Keywords: BAZ (Badan Amil Zakat); Pengelolaan Zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 May 2018 03:19
Last Modified: 30 May 2018 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25231

Actions (login required)

View Item View Item