Upaya konselor dalam mengatasi siswa underachiever di SMA an-Najiyah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Atiyah, Solichatul (2011) Upaya konselor dalam mengatasi siswa underachiever di SMA an-Najiyah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Solichatul Atiyah_D03207015.pdf

Download (992kB) | Preview

Abstract

Masalah kesulitan belajar yang sering dialami oleh para peserta didikdi sekolah, merupakan masalah penting yang perlu mendapat perhatian yang serius dikalangan para pendidik. Dikatakan demikian, karena kesulitan belajar yang dialami para peserta didik di sekolah akan membawa dampak negatif baik terhadap diri anak itu sendiri maupun terhadap lingkungannya. Pada umumnya anak yang cepat dalam belajar mempunyai IQ (tingkat kecerdasan) diatas 100, yakni tergolong genius atau gifred. Kedudukannya dalam kelompoknya selalu berada pada posisi atas. Akan tetapi permasalahan pendidikan ini masih sering muncul, karena potensi-potensi yang ada pada seorang peserta didik tidak dapat berkembang secara optimal, mereka yang berkecerdasan tinggi kurang mendapat rangsangan dan fasilitas dalam memenuhi kebutuhannya. Peserta didik ini dikatakan Underachiever yakni siswa yang memiliki taraf intelegensi tergolong tinggi, tetapi prestasi belajar tergolong rendah (di bawah rata-rata) karena secara potensial, peserta didik yang memiliki taraf intelegensi yang tinggi mempunyai kemungkinan yang cukup besar untuk memperoleh prestasi belajar yang tinggi, akan tetapi dalam hal ini siswa tersebut mempunyai prestasi belajar di bawah kemampuan potensial mereka. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan yang diambil oleh peneliti yaitu Mengapa siswa SMA An-Najiyah Surabaya menjadi underachiever. Bagaimana upaya konselor dalam mengatasi siswa underachiever di SMA An-Najiyah Surabaya. Apa faktor pendukung dan penghambat Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi siswa Underachiever di SMA An-Najiyah Surabaya. Adapun tujuan yang ingin dicapai peneliti adalah, untuk mengetahui penyebab siswa menjadi underachiever di SMA An-Najiyah Surabaya. Untuk mengetahui upaya konselor dalam mengatasi siswa underachiever di SMA An-Najiyah Surabaya , untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi siswa Underachiever di SMA An-Najiyah Surabaya.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Dan hasil yang diperoleh merupakan hasil kata-kata, gambarandan bukan berupa angka-angka. Laporan penelitian tersebut berupa kutipan-kutipandata yang memberi gambaran penyajian. Terkait dengan penelitian ini yang dijadikan sumber data sekaligus informasi adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, tatib, dan konselor. Dengan pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa teknik yakni menggunakan metode interview atau wawancara mendalam, observasi, pengamatan peran serta, dokumentasi. Dengan rancangan penelitian seperti yang dijelaskan di atas, peneliti memperoleh hasil bahwa pertama, penyebab siswa SMA An-Najiyah Surabaya adalah karena dua faktor yaitu (1) faktor lingkungan (2) faktor diri sendiri, kedua, upaya konselor dalam mengatasi siswa underachiever yaitu: (1) Mengenali siswa yang mengalami kesulitan belajar: mencari data-data siswa dari absensi, prestasi belajar, catatan dari wali kelas, (2)Memahami sifat dan jenis kesulitan belajarnya, konselor memanggil siswa tersebut secara pribadi ke ruang BK, (3) Menetapkan LatarBelakang Kesulitan Belaja, hasil pembicaraan dengan siswa, konselor dapat mengetahui apa penyebab siswa tersebut menjadi underachiever, (4) Menetapkan Usaha-usaha Bantuan, menganalisis hasil diagnosis, mengidentifikasi dan menentukan bidang kecakapan tertentu yang memerlukan perbaikan, menyunsun program perbaikan, (5) Pelaksanaan Bantuan: Dalam pendekatan ini, konselor menyesuaikan dengan faktor penyebabnya, baik itu dari faktor lingkungan ataupun faktor diri sendiri, (6)Tindak Lanjut, menindak lanjuti siswa yang masih berprestasi rendah konselor meyerahkan kepada tatib, akan tetapi konselor terus melakukan koordinasi dengan tatib untuk mengetahui perkembangan siswa tersebut. Ketiga, Faktor pendukung pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa underachiever di SMA An-Najiyah Surabaya adalah konselor dalam pelaksanaan bimbingan tersebut, memerlukan pemahaman terhadap karakteristik siswa secara mendalam, disamping itu juga diperlukan dukungan dalam pelaksanaannya dari semua komponen yang ada di sekolah seperti, wali kelas, guru, tatib, orang tua atau wali murid dan juga fasilitas sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang terbukanya siswa untuk menceritakan permasalahannya kepada konselor dan kurangnya komunikasi antara orang tua dan guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Atiyah, SolichatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi > Kecemasan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Bimbingan dan konseling; siswa underachiever
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 May 2018 04:19
Last Modified: 31 May 2018 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25245

Actions (login required)

View Item View Item