Implementasi bimbingan dan konseling bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SMPN 29 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suamah, Siti (2011) Implementasi bimbingan dan konseling bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SMPN 29 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirotun Nisa'_D03205044.pdf

Download (344kB)

Abstract

Pendidikn sangat penting untuk menghantarkan kehidupan manusia dalam membentuk karakternya. Pada hakekatnya kecacatan seseorang bukanlah merupakan penghalang untuk melekukan sesuatu. Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah anak yang dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya mengalami kelainan atau penyimpangan fisik, mental-intelektual, sosial dan emosional dibanding dengan anak-anak lain seusianya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1. Bagaimana pembelajaran bimbingan dan konseling bagi Anak yang Berkebutuan Khusus (ABK) di SMPN 29 Surabaya. 2. Bagaimana metode pembelajaran bimbingan dan konseling bagi Anaka yang Berkebuthan Khusus (ABK) di SMPN 29 Surabaya. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif, adapun bentuk penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah; 1. Proses pembelajaran bimbingan dan konseling bagi ABK meliputi model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran bimbingn dan konseling pada ABK di SMPN 29 Surabaya, dilakukan dengan dua penilaian yang pertama, penilaian kemampuan akademik siswa, kedua penilaian perkembangan ABK yang dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian portofolio yang laporan yang laporan dibuat per semester, bulan, minggu dan hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suamah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi > Psikologi Anak
Keywords: Bimbingan dan konseling; Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Jun 2018 03:05
Last Modified: 06 Jun 2018 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25270

Actions (login required)

View Item View Item